VIDEO: Siaga Petugas BPBD Jombang, Sehari Bisa 22 Pemakaman

VIDEO: Siaga Petugas BPBD Jombang, Sehari Bisa 22 Pemakaman

Aktivitas para petugas BPBD Jombang, Jawa Timur, tiap harinya tidak pernah sepi. Lantaran, mereka harus siap siaga untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19. Dalam waktu sehari para petugas bisa memakamkan 22 jenazah korban Covid-19. Jika ada waktu senggang, para petugas membersihkan sepatu karet, sarung tangan, dan mencuci baju. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (6/7/2021).

Aktivitas Kantor BPBD di Kabupaten Jombang di Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Kota ini, setiap hari tak pernah sepi, sejak pandemi corona terjadi. Setiap personel harus siaga sewaktu-waktu, meski risiko nyawa, akibat tertular Covid-19 cukup besar, saat senggang mereka beristirahat sambil mencuci peralatan pemakaman dan sepatu karet.

Sejak Covid-19 melonjak tajam, angka kematian meningkat tajam, hingga 70 persen dibanding hari biasa. Petugas pernah memakamkan 15 hingga 22 orang dalam sehari yang dikirim dari empat rumah sakit rujukan Covid-19. Tak ayal, mereka harus bekerja siang dan malam, dan jenazah harus antre untuk dikebumikan.

"Kami lakukan hari per hari semakin naik, kenaikannya bisa 60 sampai 70 persen dalam kurun waktu seminggu terakhir, kalau yang masih kondisi baik covid itu, sehari paling hanya 2 atau 3 pemakaman, sekarang data saya terakhir, paling banyak 22 dalam 3 hari," terang Pepy Stevie, Koordinator Operasional BPBD Jombang.

BPBD berharap setiap desa menyiapkan satgas khusus yang diajarkan tata laksana pemakaman sesuai protokol Covid-19. Sehingga jenazah bisa segera dikebumikan dan tidak antre lama menunggu giliran.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 July 2021, 14:12 WIB

Video Terkait

Spotlights