VIDEO: Klarifikasi Satpol PP Surabaya Terkait Petugas Tarik Pelanggar Protokol Kesehatan

VIDEO: Klarifikasi Satpol PP Surabaya Terkait Petugas Tarik Pelanggar Protokol Kesehatan

Beredar video di media sosial, perihal petugas Satpol PP Surabaya yang bertindak kasar kepada seorang pria, yang tidak memakai masker saat berada di luar rumah.

Awalnya, petugas Satpol PP Surabaya mengingatkan kepada pria tersebut untuk memakai masker, tetapi aksi tarik menarik, hingga diseret ke dalam mobil patroli, pria tersebut semakin menolak dan terjadi adu mulut dengan petugas.

Tindakan yang menjurus kasar dilakukan sejumlah petugas Satpol PP di Kota Surabaya, saat mengamankan seorang pria penjual air isi ulang di kawasan Jalan Karangmenjangan Surabaya. Dalam video amatir, terlihat pria ini menolak diamankan, dan terus meronta hingga akhirnya diseret ke atas mobil patroli.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto menuturkan, Subandi sebagai pelanggar protokol kesehatan tertangkap saat Operasi Patuh Masker (OPM) sedang berlangsung.

Pria ini diamankan, karena kedapatan tidak memakai masker dengan benar. Menanggapi beredarnya video ini, Kepala Satpol PP Kota Surabaya pun melakukan klarifikasi.

Tindakan tegas dilakukan Tim Swab Hunter, karena pria yang diketahui bernama Subandi ini, terus memberontak takut akan dibawa ke penampungan Liponsos Surabaya. Namun, setelah dijelaskan, dirinya hanya akan di-swab test atau tes usap COVID-19 di Puskesmas terdekat, Subandi akhirnya memahami dan mengikuti arahan petugas.

"Yang bersangkutan memberontak, karena yang ada di pikirannya, itu adalah karena dia tidak bawa KTP, dia akan dimasukkan ke Liponsos," ujar Eddy Christijanto, Kasat Pol PP Surabaya.

Pihak Pemkot Surabaya, berharap warga Surabaya maupun warga di luar Surabaya, memahami upaya yang dilakukan petugas dalam memutus, mata rantai penyebaran COVID-19 di Surabaya. Demikian diberitakan pada Liputan6, 13 Oktober 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 October 2020, 21:23 WIB

Video Terkait

Spotlights