VIDEO: Perawat di Jawa Timur yang Terpapar COVID-19 Melonjak

VIDEO: Perawat di Jawa Timur yang Terpapar COVID-19 Melonjak

Jumlah perawat di Jawa Timur yang terinfeksi COVID-19, mengalami lonjakan drastis selama 7 hari terakhir. Sebanyak 352 perawat terinfeksi positif COVID-19.

Bertambahnya perawat terinfeksi COVID-19 ini, disebabkan tingginya beban kerja perawat, sehingga kelelahan dan mudah terpapar COVID-19.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia, atau PPNI, Jawa Timur, mencatat terjadi lonjakan drastis pada sepekan terakhir, dengan 352 perawat terinfeksi COVID-19.

Sebagian besar tenaga medis ini berasal dari Malang, Sidoarjo, Mojokerto, dan 28 daerah lain di Jawa Timur. Hingga kini, 352 perawat tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Ketua DPW PPNI Jawa Timur, Prof Nursalam mengatakan, terus bertambahnya perawat terinfeksi COVID-19 ini disebabkan tingginya beban kerja perawat.

Setiap hari mereka berinteraksi dengan pasien lebih dari 5 jam. Kondisi ini membuat perawat kelelahan, dan mudah terpapar COVID-19.

"Dengan banyaknya kasus, terutama kasus yang OTG itu mempunyai risiko, terutama menularkan kepada temen-temen perawat yang melayani di Puskesmas misalnya, temen perawat yang di rumah sakit, tapi tidak di ruang intensif, ruang khusus covid itu sendiri. Nah, kenapa itu terjadi, salah satunya karena mungkin penggunaan APD bukan level 3, yang kedua, saya rasa, temen-temen di rumah sakit ini perlu ditata di dalam pengelolaan untuk prakteknya, jadi harapan kita kalau merawat pasien covid itu maksimum 3 jam berinteraksi dengan pasien, namun ada yang lebih 6 jam," papar Prof Nursalam.

Untuk mencegah perawat terinfeksi COVID-19, DPW PPNI akan terus tes PCR secara masif 14 hari sekali. Demikian seperti diberitakan pada Fokus, 13 Oktober 2020.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 October 2020, 12:51 WIB

Video Terkait

Spotlights