VIDEO: Pasar Wit-witan Suguhkan Nuansa Pedesaan Khas Alasmalang Banyuwangi

VIDEO: Pasar Wit-witan Suguhkan Nuansa Pedesaan Khas Alasmalang Banyuwangi

Sebuah kawasan hutan di Desa Alasmalang, Banyuwangi, Jawa Timur disulap menjadi pasar jajanan tradisional. Selain berburu kuliner khas pedesaan, para pengunjung juga disuguhi suasana hutan yang asri, dan rindang.

Untuk mengurangi sampah plastik di sekitar pasar, seluruh pedagang di pasar ini, juga tidak menggunakan wadah berbahan dari plastik, melainkan wadah makanan yang terbuat dari sapu lidi, bambu, kayu hingga dedaunan, berikut video inspiratif dan menarik pada program Fokus, Rabu, 25 September 2019.

Pasar Wit-witan terletak di kawasan hutan di Dusun Kemiren, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur. Pasar ini hanya dibuka saat akhir pekan, dan hanya menjajakan makanan tradisional khas pedesaan.

Ada jenang procot, apem kukus, orog-orog, cenil, lanun, klepon, dan berbagai macam jajanan tradisional lainnya. Serta aneka minuman tradisional yang menyehatkan, seperti beras kencur, kunyit asam, dan temulawak.

Keunikan lainnya, di sini tidak menggunakan wadah makanan dari bahan plastik. Melainkan wadah, maupun sendok makanan yang terbuat dari bahan kayu, bambu, sapu lidi, hingga dedaunan. Tujuannya untuk mengurangi sampah plastik di sekitar pasar, dan upaya mengkampanyekan gerakan pemakaian bahan non-plastik.

Disamping itu, seluruh pedagang juga wajib menggunakan pakaian tradisional. Pasar Wit-witan diambil dari sebuah kata Wit yang dalam Bahasa Indonesia berarti sebuah pohon. Di tempat ini, pengunjung benar-benar akan menikmati suasana hutan yang asri, dan rindang, sambil menikmati jajanan tradisional khas Nusantara.

Selain menjajakan makanan, dan minuman khas tradisional. Di pasar di Banyuwangi ini juga menjajakan karya kerajinan tangan beberapa pemuda desa setempat, seperti jam weker, gantungan kunci, sendok maupun gelas yang semuanya terbuat dari kayu, sebagai buah tangan.

Yuk saksikan video-nya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 September 2019, 22:00 WIB

Video Terkait

Spotlights