VIDEO: Yuk Belajar Membatik di Surabaya

VIDEO: Yuk Belajar Membatik di Surabaya

Untuk melestarikan dan memupuk rasa cinta terhadap batik, di Surabaya didirikan rumah batik Jawa Timur. Di sini masyarakat terutama generasi muda bisa belajar langsung cara membatik dan mengenal seni batik secara mendalam.

Rumah batik Jawa Timur ini berada di jalan dukuh bulak banteng Surabaya. Didirikan atas prakarsa pengrajin batik asal pamekasan Madura, faiqah ismail pada 2004. Awalnya ide ini muncul untuk menjaga keunikan goresan, corak batik yang membedakan seni budaya lokal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti corak dan motif batik khas dari Pamekasan Madura, Batik Surabaya, Mojokerto, Banyuwangi atau batik motif Ponorogo.

Di rumah batik ini , pengunjung bisa membeli atau hanya ingin sekedar melihat-lihat hasil karya cipta warisan nusantara ini. Bagi pengunjung , terutama anak muda juga bisa belajar langsung atau ikut kursus cara membatik dengan berbagai corak dan motif dibimbing para pengarajin atau pengajar seni membatik tujuannya, mendorong rasa cinta dan pelestarian batik kepada generasi penerus bangsa, atau akrab disebut kaum milenial.

"Konsumen bisa coba-coba secara gratis. Permintaan bertambah banyak terutama dari sekolah-sekolah umumnya yang dari Surabaya. Banyaknya permintaan, kita bikin skema prosedur membatik dan pilihan-pilihan batik di Jawa Timur," ujar Syarif Usman, Pengelola Batik Jawa Timur, demikian seperti ditayangkan dalam program Fokus.

Untuk biaya kursus belajar membatik perorangan sekitar Rp 500 ribu dan kelompok Rp 75 ribu per anggota, dalam 7 kali pertemuan. Siswa disediakan kain lengkap dengan canting dan peralatan membatik. Hasil karya batik para siswa nanti bisa langsung dibawa pulang. Rumah batik Jawa Timur ini pernah mendapatkan rekor muri karena berhasil membuat karya batik logo kota Surabaya terbesar.

Ringkasan

Oleh Liputanenam pada 05 September 2019, 17:16 WIB

Video Terkait

Spotlights