Sebelum Tidur Ini lah Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang Bisa Kita Contoh

Sebelum Tidur Ini lah Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang Bisa Kita Contoh

DREAM - Salah satu kebutuhan manusia adalah tidur, baik ketika sedang lelah atau tidur kala malam hari. Sebab itu, menjadi wajar Nabi Muhammad SAW memberikan contoh cara tidur yang baik untuk ditiru umat muslim di seluruh dunia.

Tidur bagi umat muslim sama dengan menyerahkan diri kepada Yang Maha Kuasa dalam waktu yang singkat. Rasulullah SAW semasa hidupnya pun mencontohkan agar kita menyiapkan diri untuk tidur, seperti kita hendak menghadap Sang Pencipta dalam kondisi terbaik.

Dikutip dari kitab Keagungan Pribadi Rasulullah yang ditulis Al Imam Abu At Tirmizi, berikut ulasan cara tidur Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Berdoa sebelum tidur, salah satu kebiasaan Rasulullah SAW. Dalam doanya, Rasulullah SAW memanjatkan rasa syukur atas anugerah yang telah diberikan selama hidupnya. Rasul juga senantiasa memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa untuk dijaga selama tidurnya.

Tubuh menghadap kanan dan meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan. Selain untuk kesehatan, posisi menghadap ke kanan juga sama dengan posisi jenazah seorang muslim yang dikuburkan. Dengan begitu, ingatan akan kematian pun selayaknya direnungkan umat muslim.

Mengusap bagian tubuh dengan kedua telapak tangan. Sebelum tidur, Rasulullah SAW juga melakukan kebiasaan lain, yaitu mengusap bagian tubuh dengan kedua telapak tangannya, untuk melindungi diri dari gangguan setan.Kalau diperhatikan, kebiasaan ini serupa dengan kebiasaan tayamum sebelum menghadap kepada Yang Maha Esa.

----

#dreamcoid #islam #muslim #nabi #muhammad #tidur #contoh

MORE VIDEOS: https://www.dream.co.id/video/

Produced by https://www.dream.co.id

KLN Apps ► https://www.kln.id/apps/

----

Youtube ► / / @dreamdotcoid

Vidio ► https://www.vidio.com/@dreamid

Twitter ► / dreamcoid

Facebook ► / www.dream.co.id

Instagram ► / dreamcoid

Ringkasan

Oleh Idho Rahaldi pada 06 April 2024, 13:37 WIB

Video Terkait

Spotlights