VIDEO: KPU Gresik Prioritaskan Distribusi Logistik ke Pulau Bawean

Oleh Liputan6.com pada 30 November 2020, 12:42 WIB

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menerima 473 kotak surat suara, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik tahun 2020. Surat suara tersebut selanjutnya akan disortir dan didistribusikan ke masing-masing kecamatan, dengan prioritas di wilayah terjauh yakni di Pulau Bawean.

Iring-iringan kendaraan yang mengantar ratusan ribu surat suara, dari tempat percetakan Temprina Grafika ke Kantor KPU Gresik, mendapat pengawalan ketat dari Polres Gresik. Sebanyak 473 kotak, berisi 944.251 surat suara ini, langsung dimasukkan ke gudang Kantor KPU Gresik.

Surat suara ini, langsung disortir dan dilipat, untuk segera dikirim. Pengiriman surat suara diprioritaskan untuk daerah kepulauan yaitu dua kecamatan yang ada di Pulau Bawean.

Jumlah surat suara yang datang, sudah termasuk surat suara tambahan 2,5 persen per tempat pemungutan suara (TPS), dan juga surat suara khusus, untuk pemungutan suara ulang, apabila terjadi kendala ataupun sengketa.

Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni mengatakan, pihaknya selain telah menerima seluruh logistik pemilihan Bupati-Wakil Bupati Gresik, termasuk alat pelindung diri (APD), untuk penerapan pelaksanaan pilkada sesuai protokol kesehatan.

"Kita memprioritaskan untuk di Bawean dulu, jadi kalau melihat di Bawean saya pikir nanti kita koordinasikan, karena pasti kapal besar itu nanti yang akan kita pakai," kata Akhmad Roni, Ketua KPU Gresik, seperti dikutip dari Fokus, 27 November 2020.

Pemilihan daerah di Kabupaten Gresik sendiri diikuti oleh dua pasangan calon. Yakni nomor urut 1, pasangan calon Qosim-Alif, diusung PKB dan Gerindra. Nomor urut 2, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah diusung enam parpol, yakni Golkar, PDI-P, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

SHARE

Video Terkait