VIDEO: Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem Jalani Penyelidikan Setelah Adanya Dugaan Pengaturan Hasil F1 Arab Saudi

VIDEO: Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem Jalani Penyelidikan Setelah Adanya Dugaan Pengaturan Hasil F1 Arab Saudi

Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, dilaporkan tengah diselidiki atas dugaan campur tangan dalam hasil balapan Formula 1.

Investigasi terkait penalti 10 detik yang dilakukan Alonso di GP Saudi. Laporan mengklaim Mohammed ben Sulayem bertindak untuk membatalkan penalti.

Menurut BBC via The Guardian, laporan petugas kepatuhan badan pengelola olahraga motor, Paolo Basarri, kepada komite etik mengklaim Ben Sulayem bertindak untuk membatalkan penalti 10 detik yang diberikan kepada Fernando Alonso dari Aston Martin di Grand Prix Arab Saudi 2023.

Laporan BBC mengklaim bahwa seorang pengungkap fakta, menuduh Ben Sulayem memanggil wakil presiden FIA untuk olahraga Timur Tengah, Sheikh Abdullah bin Isa al-Khalifa, yang berada di Arab Saudi untuk balapan dalam kapasitas resmi.

Ben Sulayem diduga telah menjelaskan kepada Syekh Abdullah bin Isa bahwa menurutnya hukuman Alonso harus dicabut. Ben Sulayem dan FIA belum menanggapi permintaan komentar dari BBC.

Penghapusan penalti 10 detik yang dilakukan Alonso, yang dikenakan atas pekerjaan yang dilakukan pada mobilnya saat ia menjalani sanksi lima detik sebelumnya.

Mengembalikannya ke podium di belakang duo pemenang balapan Red Bull Sergio Prez dan Max Verstappen di urutan kedua, setelah pengurangan itu telah menjatuhkannya ke posisi keempat.

Pada saat itu tidak ada indikasi ada sesuatu yang tidak beres dengan keputusan tersebut setelah direktur olahraga Aston Martin, Andy Stevenson, menyerahkan kasus tim tersebut dalam hak peninjauan kembali.

Pembalap Mercedes George Russell akan naik ke posisi ketiga jika penalti 10 detik Alonso tetap berlaku.

Sejauh ini belum ada kabar lanjutan terkait pemeriksaan Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem atas dugaan pengaturan hasil F1 Arab Saudi.

Ringkasan

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 05 March 2024, 21:07 WIB

Video Terkait

Spotlights