VIDEO: Apa Itu Olahraga Rope Flow dan Steel Mace? Coach Cantik Rani Aryani Jelasin di Sini

VIDEO: Apa Itu Olahraga Rope Flow dan Steel Mace? Coach Cantik Rani Aryani Jelasin di Sini

Beberapa konten dari pelatih kebugaran bernama di Rani Aryani di media sosial Instagram mungkin akan menarik perhatian Anda. Unggahan dari wanita yang diakrab dipanggil Ranny itu menunjukkan dirinya dengan luwes seperti menari dengan tali atau olahraga yang dinamakan rope flow. Tidak hanya itu, Ranny juga tampak dengan baik bergerak dinamis menggunakan sebuah alat yang mirip dengan senjata perang tradisional India yang di Indonesia biasanya disebut "gada". Apakah itu?

Sebelum membahas soal alat olahraga yang mirip dengan gada tersebut, kita perlu tahu dulu dengan olahraga rope flow. Rani Aryani, yang sudah menggeluti olahraga tersebut selama kurang lebih empat tahun, telah merasakan banyak manfaatnya. Menurut Ranny, olahraga yang menggunakan tali dengan berat 450 sampai dengan 600 gram tersebut salah satu manfaatnya yaitu untuk melatih koordinasi.

Tali yang digunakan untuk rope flow berbeda yang dipakai di jump rope atau olahraga lompat tali atau yang sering disebut skipping. Tali untuk rope flow hampir sama dengan tali yang digunakan untuk climbing atau memanjat tetapi memiliki berat yang berbeda. Dengan demikian, Ranny menyarankan untuk menggunakan tali yang memang dikhususkan untuk olahraga rope flow, yang biasanya dijual dengan harga dengan kisaran 800 sampai dengan satu jutaan rupiah.

Menurut Ranny, saat dirinya mengajar kelas rope flow dalam durasi 45 menit sampai dengan satu jam, kalori yang dibakar sekitar 400 sampai 500. Kelas olahraga rope flow juga akan menarik diikuti karena menggunakan lagu dan gerakannya mengikuti irama lagu tersebut.

"Biasanya murid-murid aku melihat rope flow, terus pengen belajar sama aku karena 'ih, ini olahraga apa?', 'kok, unik ya?', 'terus aku kayak lihat Kak Ranny kayak dance'.," ujar Ranny kepada Bola.com saat mengungkapkan beberapa kesan pertama orang-orang yang tertarik dengan olahraga rope flow.

Lalu, apa olahraga yang menggunakan alat seperti gada itu? Olahraga yang dimaksud adalah steel mace. Menurut Rani Aryani, steel mace masih berkaitan dengan rope flow.

"Iya berkaitan. Makanya, orang yang sudah bisa rope (flow), ya udah, untuk dapetin gerakan steel mace akan lebih gampang karena badannya udah bisa gerak, udah bisa muter. Dan, untuk ngelakuin si steel mace sendiri, gerakannya kan gerakan kompleks, jadi kalau kita belum punya koordinasi yang bagus, atau mobilitas yang bagus, pasti akan susah," kata Ranny.

Seperti apa sih olahraga rope flow dan steel mace itu? Para pembaca bisa melihatnya dalam tayangan penjelasan dari Coach Rani Aryani di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 25 September 2023, 15:13 WIB

Video Terkait

Spotlights