VIDEO: Guna Kurangi Polusi, Puluhan Mangrove Ditanam Jelang FIBA World Cup 2023

VIDEO: Guna Kurangi Polusi, Puluhan Mangrove Ditanam Jelang FIBA World Cup 2023

Panitia pelaksana lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 bersama dengan PP Perbasi, melakukan penanaman mangrove jelang berlangsungnya Piala Dunia Basket 2023, di Kawasan Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta, pada Selasa (22/8/2023).

Penanaman mangrove ini dilakukan bertujuan untuk menggantikan jejak karbon yang berasal dari pesawat para peserta FBWC 2023 yang datang ke Indonesia.

Tak hanya itu, publik figur, Mikha Tambayong perwakilan dari Kemenpora RI terlihat hadir dalam kegiatan positif ini. Menurutnya, penanaman mangrove ini bisa untuk memperbaiki polusi udara di Jakarta. Kualitas udara di Jakarta tengah menjadi sorotan belakangan ini.

Wakil Ketua LOC FIBA World Cup 2023, Agus Mauro menjelaskan bahwa dampak dari penyelenggaraan Piala Dunia Basket di Indonesia bisa memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Terutama dampak yang dihadrikan dari banyaknya pesawat pembawa tim-tim peserta yang mendarat di Tanah Air.

Untuk itu pihaknya menyelenggarakan acara penanaman pohon tersebut. Sebanyak 56 pohon yang ditanam disebut bisa menggantikan dampak negatif tersebut di masa depan.

"Jelang penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 ini, kami melaksanakan kegiatan Carbon Offset. Dimana karbon emisi yang dihasilkan dari pesawat tim peserta yang datang ke Indonesia, kami composite dengan menanam pohon mangrove," ujar Agus.

FIBA World Cup 2023 sendiri dijadwalkan berlangsung di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Ringkasan

Oleh Bagaskara Lazuardi pada 22 August 2023, 17:33 WIB

Video Terkait

Spotlights