VIDEO: Blak-blakan Cerita Greysia Polii Saat Didiskualifikasi di Olimpiade 2012

VIDEO: Blak-blakan Cerita Greysia Polii Saat Didiskualifikasi di Olimpiade 2012

Greysia Polii menceritakan kisah kelamnya yang harus didiskualifikasi diajang Olimpiade 2012. Saat itu, dirinya dan Meiliana Jauhari harus menerima diskualifikasi di babak penyisihan grup.

Dalam acara penghargaan yang berlangsung di Gedung Usmar Ismail, Rabu (19/7/2023) ia menceritakan kegagalannya di Olimpiade 2012.

Greysia Polii/Meiliana Jauhari menjadi satu dari empat pasangan ganda putri yang didiskualifikasi dari Olimpiade London 2012. Mereka dicoret dari dinilai memanipulasi permainan dengan tujuan mendapatkan hasil tertentu. Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyebut keempat ganda itu tidak sportif dan tidak bermain sepenuh hati di fase grup. BWF juga menuding keempatnya "main sabun" supaya mendapatkan undian tertentu di perempat final.

Selain Greysia/Meiliana, ganda putri lainnya yang didiskualifikasi adalah Wang Xiali/Yu Yang (unggulan pertama dari China), Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan), dan Jung Kyung-eun/Kim Ha-na (Korea Selatan).

Skandal tersebut berawal pada laga antara ganda China, Wang/Yu, menghadapi pasangan Korsel, Jung/Kim. Wang/Yu dinilai sengaja kalah supaya tidak bertemu sesama ganda China, Tian Qing/Zhao Yunlei, di perempat final. Di sisi lain, Jung/Kim juga sama-sama terlihat ogah-ogahan. Tujuannya juga sama, supaya tidak berjumpan Tian/Zhao, yang saat itu jadi favorit merebut medali emas.

Ternyata, duel yang hampir mirip juga disuguhkan pasangan Greysia/Meiliana kontra Ha/Kim. Kedua pasangan dinilai tidak bermain sepenuh hati.

Tindakan keempat pasangan tersebut tentu tidak didiamkan begitu saja. BWF memutuskan mendiskualifikasi keempat pasangan tersebut karena dinilai bertingkah tidak sportif.

Berikut ini cerita lengkap Greysia Polii soal diskualifikasi di Olimpiade 2012.

Ringkasan

Oleh Bagaskara Lazuardi pada 19 July 2023, 20:41 WIB

Video Terkait

Spotlights