VIDEO Bola Babes: SEA Games Itu Masih Penting Gak sih?

VIDEO Bola Babes: SEA Games Itu Masih Penting Gak sih?

SEA Games 2023 di Kamboja telah rampung. Bola Babes kali ini membahas dengan pertanyaan utamanya "Apakah SEA Games itu masih penting untuk dihe;at?". Jawabannya dapat para pembaca temui dalam tayangan di atas, masih bersama dengan presenter Iqri Widya dan jurnalis Bola.com, Yus Mei Sawitri dan Wiwig Prayugi.

Salah satu pembahasan yang dibahas dalam Bola Babes kali ini yaitu soal naturalisasi. Kamboja, sebagai tuan rumah, melakukan banyak naturalisasi atlet khusus untuk menyukseskan SEA Games 2023. Mereka bak menyewa tentara bayaran. Asalnya dari Amerika Serikat, China sampai Prancis.

Salah satu contohnya di cabang olahraga bola basket 3x3 putra. Tiga pemain inti Timnas Basket Putra Kamboja untuk 3x3 semuanya berasal dari Amerika Serikat. Ketiganya adalah Dorsey Darrinray, Sayeed Pridgett, dan Brandon Peterson.

Hasilnya memang mengejutkan. Untuk kali pertama dalam sejarah SEA Games 2023, Kamboja meraih medali emas cabor 3x3 putra.

Namun, ternyata cara naturalisasi tersebut mendapat kritikan dari atlet lokal Kamboja. Seorang atlet basket Kamboja bernama Joshua Bo Nuong mengaku kecewa tidak bisa ikut SEA Games 2023 lantaran kalah saing dengan pebasket naturalisasi.

Ia mengunggah curhatan sedihnya, meski akhirnya Joshua harus menghapusnya. "Mereka melakukan ini untuk kesuksesan instan tapi mereka harus memahami kebanggaan mewakili rakyat Kamboja di seluruh dunia," tulisnya, seperti dilansir Strait Times.

"Kekalahan adalah bagian dari pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Menang tanpa integritas bukanlah kemenangan," tambahnya.

Bagaimana pembahasan lengkapnya di Bola Babes soal penting atau tidaknya digelarnya SEA Games? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Yus Mei Sawitri, Wiwig Prayugi, Iqri Widya pada 18 May 2023, 17:08 WIB

Video Terkait

Spotlights