VIDEO Bola Babes: Deretan Kontroversi di SEA Games Kamboja 2023, Cabor Aneh hingga Kecurangan Wasit

VIDEO Bola Babes: Deretan Kontroversi di SEA Games Kamboja 2023, Cabor Aneh hingga Kecurangan Wasit

SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja telah berakhir. Bola Babes kali ini, masih bersama dua jurnalis Bola.com, Yus Mei Sawitri dan Wiwig Prayugi, serta presenter Iqri Widya, akan membahas sejumlah kontroversi yang terjadi dalam multi-ajang olahraga antar negara se-Asia Tenggara yang dihelat pada 5-17 Mei 2023 tersebut.

Salah satu kontroversi yang dibahas yaitu soal insiden yang terjadi di cabang olahraga pencak silat. Pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani, sempat didiskualifikasi karena dianggap mengalami dislokasi bahu karena kuncian lawannya. Tim pelatih sudah memprotes bahwa itu bukan kuncian, tetapi memang riwayat cedera.

Safira memutuskan untuk tetap bertanding sampai penghabisan, dan memimpin 61-43 atas lawannya dari Vietnam, Hoang Hong An Nguyen. Namun, 18 detik terakhir, wasit juri memutuskan laga dihentikan.

Hoang Hong An Nguyen diumumkan berhak atas kemenangan karena Safira Dwi Meilani dianggap mengalami dislokasi bahu. Namun, setelah protes keras dari tim pelatih Pencak Silat Indonesia, ditemukan adanya human error.

"Pada sesi terakhir, ada satu indikasi bahwa wasit juri mengalami human error, artinya dia tidak tahu peraturan atau ketentuan perbedaan antara gerakan menarik dengan kuncian. Jadi di pencak silat itu tidak ada kuncian. Jika itu terjadi, maka harus melalui satu tahapan, proses sampai dengan dinilai, bahwa itu adalah sebuah kuncian," kata Manajer Timnas Pencak Silat Indonesia, Wahyo Yuniartoto, pada 10 Mei 2023.

"Tentunya, lawan bertanding juga dia akan mengalami beberapa kondisi yang terkait dengan kuncian tersebut. Sehingga sudah kita komunikasikan, kita dialogis, kita berikan pemahaman terhadap aturan tersebut. Kemudian technical delegate dan juga dewan telah memutuskan bahwa Safira lah peraih medali emasnya," ujar Wahyo.

Bagaimana selengkapnya kontroversi-kontroversi yang terjadi di SEA Games Kamboja 2023 yang dibahas dalam Bola Babes kali ini? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Yus Mei Sawitri, Wiwig Prayugi, Iqri Widya pada 18 May 2023, 12:03 WIB

Video Terkait

Spotlights