VIDEO SEA Games 2023: Atlet Pencak Silat Indonesia Safira Dwi Meilani Akhirnya Raih Emas, Pesilat Vietnam Sudah Sempat Selebrasi

VIDEO SEA Games 2023: Atlet Pencak Silat Indonesia Safira Dwi Meilani Akhirnya Raih Emas, Pesilat Vietnam Sudah Sempat Selebrasi

Atlet pencak silat Indonesia, Safira Dwi Meilani, akhirnya dinyatakan meraih medali emas di SEA Games 2023. Sebelumnya, sempat muncul keputusan kontroversial dalam laga nomor Women's Tanding Class B dan pesilat Vietnam, Nguyen Hoang Hong An, bahkan sudah sempat selebrasi, Rabu (10/5/2023).

Safira Dwi Meilani didiskualifikasi oleh wasit pada ronde ketiga saat sedang unggul dengan poin 61-43 atas atlet pencak silat Vietnam, Nguyen Hoang Hong An. Ketika itu, pertandingan tersisa 18 detik dan akhirnya kemenangan diputuskan untuk Nguyen Hoang Hong An.

Nguyen Hoang Hong An bahkan sudah melakukan selebrasi dengan berlari menggunakan bendera Vietnam. Sementara itu, Safira Dwi Meilani terlihat duduk lesu.

"Miskomunikasi dari wasit, mereka melihatnya Safira terkena kuncian. Safira tadi secara poin unggul jauh, kemudian waktu tinggal 18 detik, Safira juga tidak melakukan pelanggaran apa pun," kata Pelatih pencak silat Indonesia, Indro Catur Haryono, kepada awak media.

"Kalau itu dianggap kuncian, itu tidak benar sama sekali karena kuncian itu kan harus ada prosesnya. Mungkin ada hitungannya, terlihat si anak ini tidak bisa bergerak secara pasif. Safira tendangan dan pukulannya masih bagus. Kalau kesakitan iya, tetapi bukan menyerah gitu," kata Indro.

Namun, pihak pencak silat Indonesia melakukan banding. Hasilnya berbuah manis. Safira Dwi Meilani yang akhirnya dinyatakan meraih medali emas SEA Games 2023 untuk Tim Indonesia. Indonesia juga akhirnya menjadi yang terbanyak meraih medali emas di cabang olahraga pencak silat SEA Games kali ini dibanding negara lain.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 10 May 2023, 18:28 WIB

Video Terkait

Spotlights