VIDEO SEA Games 2023: Mengintip Kemegahan Morodok Techo National Stadium Pas Kamboja Lagi Terik-Teriknya!

VIDEO SEA Games 2023: Mengintip Kemegahan Morodok Techo National Stadium Pas Kamboja Lagi Terik-Teriknya!

Duo jurnalis Bola.com, Gregah Nurikhsani dan Abdul Aziz berkunjung ke salah stadion megah di SEA Games 2023 di Kamboja. Stadion yang mereka kunjungi adalah Morodok Techo National Stadium.

Morodok Techo National Stadium menjadi tempat untuk acara pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja. Stadion itu berkapasitas 75.000 orang. Kapasitas tersebut lebih besar dari Olympic National Stadium, yang juga berada di Phnom Penh. Kapasitas Olympic Stadium adalah 60.000.

Stadion Morodok Techo digunakan salah satunya untuk cabang olahraga atletik. Stadion itu juga berada di kompleks olahraga dan terdapat gedung-gedung lainnya, di mana salah satunya menjadi venue untuk cabor bulutangkis.

Untuk cabang olahraga sepak bola putra, Morodok Techo National Stadium digunakan saat babak semifinal dan final. Pada fase grup, sepak bola putra dihelat di Olympic National Stadium dan Vishaka Stadium. Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup A.

Pembangunan kompleks olahraga Morodok Techo National Stadium dimulai pada 2013. Sementara itu, untuk stadion utama mulai dibangun pada 2017. China memberikan bantuan untuk pembangunan tersebut dengan jumlah 1,1 miliar yuan atau sekitar 2,3 triliun rupiah.

Bentuk dari stadion utama di Morodok Techo National Stadium berbentuk seperti kapal. Bentuk tersebut yang dipilih karena melambangkan hubungan antara Kamboja dengan China, seperti dilansir dari Xinhuanet. Pada masa lampau, bangsa China ke Kamboja dengan menggunakan kapal.

Seperti apa kemegahan Morodok Techo National Stadium di Kamboja? Para pembaca bisa melihatnya dalam tayangan peliputan Bola.com untuk SEA Games 2023 di atas.

Ringkasan

Oleh Gregah Nurikhsani, Abdul Aziz pada 03 May 2023, 20:08 WIB

Video Terkait

Spotlights