VIDEO: Dito Ariotedjo Dilantik Presiden Jokowi sebagai Menpora

VIDEO: Dito Ariotedjo Dilantik Presiden Jokowi sebagai Menpora

Dito Ariotedjo secara resmi menjabat sebagai Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Republik Indonesia setelah dilantik Presiden Jokowi (Joko Widodo) di Istana Negara pada Senin (3/4/2023) sore hari WIB. Dito menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri pada awal Maret 2023 dan fokus menjadi Wakil Ketua PSSI.

Pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi dilakukan bersama dengan pelantikan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

"Demi Allah saya bersumpah saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Dito Ariotedjo saat membacakan sumpah jabatan.

Dito memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito mulai terjun ke dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar.

Saat ini, Dito tercatat sebagai salah satu chairman RANS Nusantara FC dan komisaris RANS PIK Basketball Club bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim. Selain itu, ia juga aktif di bidang olahraga sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISS) Provinsi DKI Jakarta.

Sebelum ditunjuk menjadi Menpora oleh Presiden Jokowi, Dito Ariotedjo dipercaya Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebagai staf khusus.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 03 April 2023, 17:38 WIB

Video Terkait

Spotlights