VIDEO: Dampak Positif Ajang World Superbike untuk Desa Sade, Lombok

VIDEO: Dampak Positif Ajang World Superbike untuk Desa Sade, Lombok

- World Superbike (WorldSBK) Mandalika akan bergulir di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Sabtu (12/11/2022) dan Minggu (13/11/2022). Ajang balapan motor 1000cc tersebut ternyata membawa dampak positif untuk Desa Sade.

Desa yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu mengalami peningkatan jumlah wisatawan sejak ajang balapan kelas dunia di gelar di Sirkuit Mandalika. Turis lokal maupun mancanegara yang datang ke Lombok tak hanya ingin menyaksikan balapan MotoGP ataupun WorldSBK, tetapi juga berwisata ke Desa Sade.

"Ya ada jumlah peningkatan wisatawan ke desa sade karena adanya MotoGP dan Superbike," ucap Amak Dirham, satu di antara warga lokal Desa Sade.

"Kami bersyukur bisa wisatawan yang berbelanja sehingga bisa membantu perekonomian kami. Saat ini wisatawan domestik lebih banyak, untuk warga asing masih belum terlalu banyak," tambahnya.

Dampak yang dirasakan juga para pelaku bisnis kuliner. Salah satunya yang dirasakan Wawan dari Asthari Restaurant, Lombok.

"Dengan adanya WSBK ataupun MotoGP ada peningkatan yang cukup bagus untuk pengunjung dibandingkan tahun lalu. Dampaknya banyak banget, untuk tempat kita sendiri bisa meningkat sampai 40 persen, setelah COVID-19 kemarin. Apalagi ketika COVID kami sempat tutup selama tiga bulan," ujar Wawan.

"Tetapi jika dibandingkan ketika ada MotoGP, jumlah pengunjung jauh lebih banyak dibandingkan Superbike. Perbedaan pendapatan kami ketika MotoGP dan Superbike bisa sampai 50 persen. Jadi ketika event MotoGP, pengunjung lebih ramai," sambungnya.

Nantikan laporan langsung lainnya dari Mandalika, Lombok, untuk ajang World Superbike dari jurnalis Bola.com, Rizki Hidayat.

Ringkasan

Oleh Rizki Hidayat pada 12 November 2022, 10:43 WIB

Video Terkait

Spotlights