VIDEO: Acara Silaturahmi Antar Perguruan Pencak Silat di Jepang Digelar

VIDEO: Acara Silaturahmi Antar Perguruan Pencak Silat di Jepang Digelar

- KBRI Tokyo bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia menyelenggarakan dua kegiatan, yaitu Silaturahmi antar Perguruan Pencak Silat Indonesia di Jepang dan Turnamen Bulu Tangkis antar Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang pada 27-28 Agustus 2022. Acara tersebut masih dalam rangka merayakan 77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Silaturahmi antar Perguruan Silat Indonesia di Jepang diselenggarakan di Balai Indonesia Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada Minggu (28/8/2022). Acara tersebut diikuti oleh 10 perguruan. Mereka yang hadir yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate, IKS PI Kera Sakti, Panca Sakti, Pagar Nusa, Perisai Diri, Persinal Asad, PSHW Tunas Muda, PPS Betako Merpati Putih, Tapak Suci dan Panglipur.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, menyampaikan bahwa pencak silat adalah medium promosi seni budaya Indonesia yang efektif. "Tahun depan hubungan Indonesia-Jepang akan menginjak 65 tahun. Pencak silat bisa menjadi salah satu program unggulan promosi seni budaya sebagai salah satu rangkaian perayaannya. Dalam waktu dekat direncanakan akan diselenggarakan pertandingan antar perguruan silat di Jepang" ujar Dubes Heri yang hadir secara virtual, dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Jaga persahabatan di antara seluruh perguruan-perguruan pencak silat Indonesia di Jepang. Teman-teman semua adalah duta seni Indonesia di Jepang, maka selalulah bawa nama baik Indonesia," pesan Dubes Heri.

Ketua Panitia HUT ke-77 RI KBRI Tokyo Meinarti Fauzie melakukan pemotongan Nasi Tumpeng dengan didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno dan Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin.

Sabung persahabatan menjadi puncak acara dari Silaturahmi antar Perguruan Silat Indonesia di Jepang. Lebih dari 70 pesilat yang hadir melakukan atraksi ragam jurus silat dari berbagai perguruan.

Sementara itu, KBRI Tokyo bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang menggelar Turnamen Bulu Tangkis antar PPI di Balai Indonesia SRIT pada 27 Agustus 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 perwakilan PPI dari Universitas berbagai Prefektur di Jepang di antaranya PPI Waseda, Todai, Chiba dan Gunma.

"Turnamen ini selain untuk memeriahkan HUT RI ke 77, juga dimaksudkan sebagai ajang peningkatan kekompakan dan nasionalisme anak muda terhadap bangsanya. Sportivitas yang dilakukan saat bertanding juga diharapkan tertanam terus dalam diri sehingga dapat memperkuat kemampuan kepemimpinan anak-anak muda pelajar ini yang merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan," kata Yusli Wardiatno selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam turnamen itu, PPI Gunma sukses merebut Juara pertama. Sementara Juara kedua diraih oleh PPI Tokyo Metropolitan University.

Bagaimana keseruan acara silaturahmi antar perguran pencak silat di Jepang yang dihelat KBRI Tokyo? Para pembaca bisa melihatnya dalam tayangan singkat di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 30 August 2022, 10:53 WIB

Video Terkait

Spotlights