VIDEO: Mengenang Shinzo Abe, Berikut Beberapa Momennya di Dunia Olahraga Termasuk di Olimpiade 2016

VIDEO: Mengenang Shinzo Abe, Berikut Beberapa Momennya di Dunia Olahraga Termasuk di Olimpiade 2016

- Publik dunia digemparkan dengan berita wafatnya Shinzo Abe, mantan perdana menteri Jepang, pada Jumat (8/7/2022). Abe meninggal dunia setelah ditembak seorang pria bernama Tetsuya Yamagami di bagian selatan Kota Nara, Jepang. Untuk mengenangnya, terdapat beberapa momen di dunia olahraga yang melibatkan Abe, termasuk yang paling iconic di Olimpiade Rio 2016.

Shinzo Abe meninggal dunia di rumah sakit, sekitar 5,5 jam setelah ditembak. Menurut BBC, Abe ditembak dari arah belakang ketika ia sedang berpidato kampanye dalam rangka pemilihan Majelis Tinggi Jepang.

Abe, yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri Jepang pada September 2020, sempat mendapat 100 unit transfusi darah dalam penanganan selama empat jam. "Penyerangan ini merupakan tindakan brutal yang terjadi dalam masa pemilihan, pondasi dari demokrasi kami, dan ini tindakan yang tidak bisa dimaafkan," ujar Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang.

Shinzo Abe dalam dunia olahraga memiliki beberapa momen yang bisa dikenang. Salah satu yang mungkin tidak terlupakan yaitu saat seremoni penutupan Olimpiade Rio 2016 di Brasil. Ketika itu, untuk memperkenalkan Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade 2020, Abe tampil dengan kostum karakter gim video ternama asal Jepang, Super Mario.

Abe muncul dari sebuah benda yang berbentuk seperti pipa besar beton berwarna hijau dan ia mengenakan topi merah khas Super Mario sambil membawa bola berwarna merah. Ia muncul di bawah guyuran hujan.

Abe ternyata awalanya tidak mau menggunakan kostum Super Mario. "Sejujurnya, ketika Ketua Tokyo Olympic Organizing Committee, Yoshiro Mori, mendatangi saya dengan ide itu, saya tidak menyukainya. 'Apakah tidak apa-apa seorang perdana menteri berpakaian seperti Mario?' saya menanyakan kepadanya," ujar Abe seperti dilansir Japan Today.

"Tapi, rencana itu akhirnya terlaksana dengan baik. Ketika saya muncul di Stadion (Maracana), tepuk tangannya luar biasa. Setelah momen itu, para pemimpin dunia di konferensi internasional akan mengatakan kepada saya 'Saya melihat Anda menggunakan kostum Mari!'," kata Shinzo Abe soal dirinya berkostum Super Mario di closing ceremony Olimpiade Rio 2016.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 08 July 2022, 20:28 WIB

Video Terkait

Spotlights