VIDEO: Menarik, Main Hoki Es Pakai Sepatu Boots Tradisional di Rusia

VIDEO: Menarik, Main Hoki Es Pakai Sepatu Boots Tradisional di Rusia

- Hoki es di St. Petersburg, Rusia, sedikit berbeda. Mereka memainkannya dengan sepatu boots tradisional.

Sepatu boots tradisional tersebut dinamakan "Valenki". Sepatu itu berbeda dengan boots yang biasa. Bot biasanya terbuat dari karet atau kulit. Valenki menggunakan bahan dasar wol.

Wol yang dipakai adalah bahan felt, yaitu yang melalui proses kompresi dengan pemanasan dan penguapan. Felt bukan bahan yang ditenun.

Sepatu bot Valenki disebut tradisional karena sudah dipakai sejak awal abad ke-18. Semakin populer pada awal pertengahan abad ke-19. Sepatu tersebut biasanya dibuat dengan warna coklat, hitam, abu-abu, dan putih. Namun, kini juga tersedia dalam warna-warna terang, seperti merah, biru, kuning, atau oranye.

Selain menggunakan Valenki, hoki es yang dimainkan di St. Petersburg, Rusia, juga berbeda dalam hal bola yang digunakan. Biasanya di hoki es memakai puck, semacam cakram yang terbuat dari karet. Di St. Petersburg, bola yang dipakai bola berukuran kecil dan biasanya berwarna terang, seperti hijau muda.

Permainan biasanya diikuti anak-anak hingga usia remaja. Hoki es dimainkan maksimal delapan orang dalam satu timnya.

Kelebihan dari hoki es dengan Valenki yaitu bisa dimainkan semua orang. "Permainan ini tidak terlalu keras. Salah satu hal terpenting adalah semua orang bisa datang dan bermain, tidak harus bisa menggunakan sepatu seluncur (skating)," ujar Alexey Sominskiy, Direktur Pusat Olahraga Distrik Krasnogvardeyskiy, seperti dilansir AP.

Seperti apa menariknya hoki es dengan sepatu boots Valenki di St. Petersburg, Rusia? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan singkat di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 04 February 2021, 10:07 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights