Razia Rokok Saat Berkendara, Petugas Hadiahi Nasi Bungkus untuk Pelanggar

Razia Rokok Saat Berkendara, Petugas Hadiahi Nasi Bungkus untuk Pelanggar

Puluhan pengemudi terjaring razia gabungan petugas Satlantas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Jawa Timur, karena kedapatan merokok saat berkendara.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (5/4/2019), petugas melakukan razia lalu lintas di kawasan Bundaran DPRD Jember, Jawa Timur.

Selain memeriksa kelengkapan berkendara, petugas memfokuskan razia pada pengemudi yang kedapatan merokok sambil berkendara. Puluhan pengemudi terjaring dalam razia ini. Rata-rata mereka yang terjaring mengaku belum tahu jika ada larangan merokok sambil berkendara.

"Saya habis sarapan lalu merokok. Saya berterima kasih karena sudah diberitahu larangan merokok. Sebelumnya saya tidak tahu ya," ujar Subur, pengendara motor.

Razia mengacu pada Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 yang mengatur larangan merokok maupun menggunakan telepon seluler bagi pengguna sepeda motor karena dapat mengganggu konsentrasi di jalan raya.

"Kami berusaha sosialisasikan peraturan. Merokok sambil berkendara itu menggangu," kata Kasat Lantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael.

Dalam razia petugas belum menjatuhkan sanksi denda terhadap para pelanggar. Petugas justru menghadiahi nasi bungkus kepada para pengendara yang terjaring sebagai bentuk sosialisasi larangan.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 05 April 2019, 15:56 WIB

Video Terkait

Spotlights