VIDEO: Manchester United Rugi Rp 2 Triliun Musim Lalu, Hukuman Pengurangan Poin Menanti?

VIDEO: Manchester United Rugi Rp 2 Triliun Musim Lalu, Hukuman Pengurangan Poin Menanti?

Manchester United baru-baru ini mengeluarkan laporan keuangan mereka untuk tahun 2024. Tercatat, MU menelan kerugian lebih dari 2 triliun Rupiah pada musim 2023/2024. Setan Merah terancam terkena hukuman.

MU tercatat menelan kerugian selama lima musim berturut-turut sejak tahun 2019. Musim lalu, kerugian mereka mencapai 113,2 juta Pound atau sekitar 2,2 triliun Rupiah.

Jika ditambah dengan kerugian pada musim 2021/2022 (115,5 juta Pound) dan musim 2022/2023 (28,7 juta Pound), maka total kerugian MU selama tiga musim terakhir sudah melebihi batas maksimum yang diperbolehkan Liga Inggris, yakni 105 juta Pound.

Musim lalu, aturan profit and sustainability rules (PSR) telah menjerat Everton dan Nottingham Forest. Keduanya diganjar pengurangan poin meski akhirnya selamat dari jurang degradasi. Namun manajemen MU yakin mereka akan aman.

Manajemen Setan Merah bisa melakukan apa yang disebut dengan 'add backs', yakni menghapus pemasukan yang dinilai tak berhubungan dengan satu 'entitas' klub.

Dalam hal ini, MU bisa mencoret pengeluaran mereka di berbagai sektor, yang tak terkait operasional tim utama, mulai dari tim akademi, sepak bola putri, hingga kegiatan amal untuk komunitas.

Pihak Manchester United yakin dengan tak memasukkan sejumlah pengeluaran tersebut, keuangan mereka akan stabil dan tidak melanggar aturan PSR. Dan hal itu diizinkan oleh pihak Liga Inggris.

Ringkasan

Oleh Bayu Kurniawan Santoso pada 12 September 2024, 09:24 WIB

Video Terkait

Spotlights