VIDEO: Ada Peran Pemain MU Dalam Aturan Larangan Selebrasi Buka Baju di Lapangan

VIDEO: Ada Peran Pemain MU Dalam Aturan Larangan Selebrasi Buka Baju di Lapangan

Ada salah satu cerita menarik yang akan dibahas dalam Extra Time kali ini. Yakni peran pemain Manchester United (MU) yang akhirnya menjadi salah satu larangan untuk mengadakan selebrasi melepas baju di lapangan.

Dunia sepak bola kini sudah memiliki perkembangan lebih jauh dalam menata permainan di lapangan. Beberapa aturan tersebut menerapkan sebuah peraturan salah satunya adalah larangan selebrasi melepas baju.

Bukan tanpa alasan, hal ini dimulai pada tahun 2002. Saat itu, Manchester United berhadapan dengan Southampton.

Saat itu, striker MU, Diego Forlan berhasil mencetak gol ke gawang Southampton. Namun, ia melakukan selebrasi berlebihan di lapangan.

Diego Forlan merayakan gol tersebut dengan berselebrasi melepas baju di lapangan. Tidak ada yang aneh memang pada saat itu melakukan selebrasi tersebut. Namun masalah datang saat dirinya kesulitan memakai bajunya kembali. Wasit yang sempat menunggu menyuruhnya untuk menepi dipinggir lapangan.

Selepas selebrasi, pertandingan kembali dilanjutkan, namun pemain berdarah Uruguay tersebut sulit untuk memakaikan bajunya kembali. Melihat tim nya yang sedang diserang, Diego Forlan masuk ke lapangan dengan kondisi belum mengenakan baju.

Alhasil wasit harus menyuruhnya untuk kepinggir lapangan dan menegur Diego Forlan atas tindakannya tersebut.

Tidak lama FIFA mengeluarkan aturan baru terkait selebrasi pemain di lapangan. Hal ini tertuang pada poin ketiga pasal 12 Laws of The Game.

Berikut ini kisah selengkapnya terkait mantan pemain MU, Diego Forlan yang memiliki kontribusi terkait selebrasi melepas baju di lapangan.

Ringkasan

Oleh Iqri Widya, Ade Yusuf Satria pada 14 October 2023, 09:49 WIB

Video Terkait

Spotlights