VIDEO: Kenapa sih MU dan AC Milan Harus Pakai Julukan Iblis?

VIDEO: Kenapa sih MU dan AC Milan Harus Pakai Julukan Iblis?

MU (Manchester United) memiliki julukan The Red Devils atau Si Iblis Merah. Sementara itu, AC Milan juga punya julukan Il Diavolo atau Il Diavolo Rosso, yang memiliki makna yang sama. Mengapa kedua klub tersebut sama-sama memakai kata "iblis" untuk julukan tim? Jawabannya dapat para pembaca temukan dalam tayangan Extra Time bersama jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo, di atas.

MU tidak dari awal berdirinya klub tersebut memakai logo atau julukan iblis. Penggunaan julukan iblis baru pada 1973. Sosok berpengaruh yang membuat julukan Manchester United menjadi Si Iblis Merah adalah Sir Matt Busby. Siapakah gerangan?

Matt Busby merupakan salah satu legenda MU yang dihormati. Patungnya yang cukup besar juga terpampang di bagian depan Stadion Old Trafford. Sebelum itu, Busby adalah pelatih yang meraih kesuksesan di Manchester United. Ia pernah mempersembahkan lima gelar juara Divisi Utama Liga Inggris, dua trofi juara Piala FA, dan juara European Cup.

Sementara itu, AC Milan justru dari awal berdirinya sudah memakai kata "iblis. Kata itu digunakan oleh pendirinya yang justru bukan orang Italia, tetapi seseorang kelahiran Nottingham, Inggris.

Bagaimana cerita singkatnya soal sejarah julukan untuk MU dan AC Milan yang memakai kata "iblis"? Nah, hal itu yang dibahas di Extra Time kali ini. *(Produksi video dibantu mahasiswa magang Bola.com: Valentino Bagaskara Triviantoro dari Universitas Jember dan Muhamad Adine Wirya Kusuma dari Institut Seni Indonesia Surakarta).

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo, Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 September 2023, 17:53 WIB

Video Terkait

Spotlights