VIDEO: Seorang Penambang Belerang Hilang di Dasar Kawah Ijen

Inilah video amatir yang direkam salah satu penambang belerang Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Sesaat setelah terjadinya fenomena alam, gelombang air kawah setinggi 3 meter, Jumat siang.

Terdengar suara tangisan seorang penambang belerang, saat mengetahui seorang rekannya hilang tenggelam di dasar kawah. Korban Andik, warga Muncar yang sehari-harinya bekerja sebagai penambang belerang.

Sesaat setelah terjadinya fenomena gelombang ini, air di danau kawah yang normalnya berwarna biru, langsung berubah menjadi keruh. Sebelum terjadinya fenomena gelombang air kawah, atau yang biasa disebut fenomena babel ini. Penambang mengaku sempat mendengar suara dentuman keras yang bersumber dari dasar kawah.

"Telah terjadi keluarnya gas beracun dan disertai tremor, kemudian petugas PT Candi Ngrimbi menginfokan telah terjadi tsunami di danau Kawah Ijen, di bawah ada 2 penambang, bernama Alimik dan Pak Andik, Alimik bisa menyelamatkan diri dan Pak Andik belum diketemukan," ungkap Risky Putra, Petugas Basarnas Banyuwangi.

Hingga kini, Tim SAR gabungan masih menyusun cara untuk mencari korban tenggelam di dasar Kawah Ijen. Proses pencarian korban dilanjutkan mulai pagi ini, jika cuaca memungkinkan untuk pendakian. Demikian seperti dilansir pada Fokus, 30 Mei 2020.

SHARE

Oleh Liputan6.com pada 31 May 2020, 12:29 WIB

Highlights Piala Dunia 2022

Video Terkait

Spotlights