VIDEO: Rumah Kades Bodag di Madiun Tertimpa Tanah Longsor

VIDEO: Rumah Kades Bodag di Madiun Tertimpa Tanah Longsor

Sebuah talud atau dinding penahan tanah di sekitar jalan desa di Madiun, Jawa Timur, ambrol dan longsor akibat hujan deras mengguyur selama 3 jam.

Akibat kejadian ini, sebuah rumah milik kepala desa yang digunakan sebagai produksi jamur tiram, ambruk, rata dengan tanah. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 2 Januari 2020.

Rumah yang sekaligus digunakan produksi jamur tiram, di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ini rata dengan tanah usai diterjang longsor. Rumah tersebut milik Dangkung, kepala desa setempat.

Semua perabot yang digunakan memproduksi bibit jamur tiram, seperti mesin pemanas, mesin pengepakan, diesel, dan traktor, rusak tertimpa material rumah. Dibantu anggota TNI, Polri, warga berusaha mengevakuasi perabot yang masih bisa diselamatkan.

Menurut warga, peristiwa ini terjadi Selasa malam atau malam tahum baru. Saat itu, wilayah tersebut diguyur hujan deras. Akibat genangan air, dan bocornya pipa air minum, talud, atau dinding penahan tanah di tepi jalan desa, longsor.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti kerugian akibat longsor dan ambruknya rumah milik kepala desa, yang selama ini juga difungsikan sebagai rumah pembudidayaan jamur tiram.

Selain merusak rumah tersebut, tanah longsor juga memutus pipa air bersih di kawasan itu. Akibatnya, ada puluhan rumah warga yang tak teraliri air bersih. Warga berharap segera ada penanganan dari pihak terkait, sebab air bersih menjadi kebutuhan vital sehari-hari.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 January 2020, 09:00 WIB

Video Terkait

Spotlights