VIDEO Scroll Up: Ratusan Warga Kenya Iringi Pemakaman Kelvin Kiptum

VIDEO Scroll Up: Ratusan Warga Kenya Iringi Pemakaman Kelvin Kiptum

Ratusan warga Kenya iringi pemakaman pemegang rekor dunia marathon pria, Kelvin Kiptum pada Jumat (23/2/2024) waktu setempat.

Kelvin meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan mobil di negara asalnya, Kenya, pada hari Minggu (11/2/2024). Dikabarkan mobil yang ia tumpangi menabrak sebuah pohon.

Kiptum dikenal sebagai salah satu pelari jarak jauh paling menjanjikan yang muncul dalam beberapa tahun terakhir. Dia mencuri perhatian ketika dia melakukan debut maratonnya pada Desember 2022, mencatatkan waktu 2 jam 1 menit 53 detik untuk menang di Valencia.

Kurang dari setahun kemudian, dalam maraton ketiganya, dia memecahkan rekor dunia dengan 2 jam 0 menit 35 detik untuk menang di Chicago.

Ratusan warga Kenya hadir dalam upacara pemakaman mendiang Kelvin di kota Eldoret, Kenya pada Jumat (23/2/2024). Hadir pula presiden Kenya, William Ruto.

Begitu besarnya pengaruh dan warisan yang ditinggalkan oleh Kelvin Kiptum bagi dunia olahraga dan masyarakat, pemerintah Kenya berencana untuk memberikan penghargaan kenegaraan kepada Kiptum sebagai bentuk penghormatan atas kontribusinya bagi olahraga dan bangsa.

Ringkasan

Oleh Iqri Widya pada 24 February 2024, 17:27 WIB

Video Terkait

Spotlights