VIDEO: Pelatih Persita Nilai Wasit Asal Jepang di BRI Liga 1 Tidak Terlalu Spesial

VIDEO: Pelatih Persita Nilai Wasit Asal Jepang di BRI Liga 1 Tidak Terlalu Spesial

Wasit asal Jepang, Yusuke Araki, memimpin pertandingan antara Persita Tangerang vs Persikabo 1973 pada laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (10/12/2023).

Keputusan PSSI mencoba menurunkan wasit asing untuk memimpin pertandingan divisi teratas kompetisi sepak bola profesional di Indonesia disambut baik oleh publik.

Kendati begitu, wasit-wasit lokal tetap terlibat di dua laga tersebut. Posisi asisten wasit 1, asisten wasit 2, dan cadangan wasit tetap diisi oleh wasit asal Indonesia.

Dalam laga yang pertemukan Persita Tangerang dengan Persikabo 1973, pertandingan berjalan lancar dan minim dari berhenti akibat cidera atau bermasalah.

Persita berhasil meraih tiga poin setelah gol Rifky Dwi pada menit ke-18 dan Ramiro Fergonzi di menit ke-27 membawa Persita menang di laga ini. Sementara gol Persikabo dicetak oleh Roni Sugeng di menit ke-88.

Meski disambut baik, bagi pelatih Persita Tangerang, Divado Alves, wasit asal Jepang ini tidak ada yang spesial.

"Ya berhenti-berhenti lebih berkurang, pertandingan lebih lancar. Tapi saya kira dia (Wasit Jepang) biasa aja. Wasit Indonesia bagus juga," ujar pelatih asal Portugal.

Adanya wasit asal Jepang di laga Persita Tangerang kontra Persikabo 1973, mereka ditugaskan oleh PSSI untuk menjadi contoh bagi wasit-wasit lokal di BRI Liga 1. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan.

Ringkasan

Oleh Muhammad Iqbal Ichsan pada 11 December 2023, 12:17 WIB

Video Terkait

Spotlights