VIDEO: Ngobrol Banyak Soal VAR Bersama Direktur Wasit FIFA, Massimo Busacca

VIDEO: Ngobrol Banyak Soal VAR Bersama Direktur Wasit FIFA, Massimo Busacca

Video Assistant Referee atau yang lebih dikenal dengan VAR sudah tidak asing lagi dalam dunia sepak bola. Di liga-liga top Eropa hampir seluruh pertandingan sudah memanfaatkan teknologi ini.

Kehadiran VAR sendiri membuat pekerjaan seorang wasit menjadi mudah. Bantuan dari VAR bisa menentukan sebuah keputusan dalam pertandingan.

Di Indonesia sendiri, teknologi VAR belum sepenuhnya digunakan. Dalam ajang Piala Dunia U-17 2023, teknologi VAR sudah mulai digunakan, dan ternyata benar efektif dalam membantu wasit.

Bola.com kali ini berkesempatan berbincang banyak tentang VAR bersama seorang Direktur Wasit FIFA, Massimo Busacca.

Massimo Busacca menjelaskan bagaimana VAR itu bekerja dalam sebuah pertandingan. Tak hanya itu, ia juga memberikan sejumlah pernyataan dengan adanya VAR.

Massimo sendiri adalah seorang wasit yang sangat berpengalaman dalam dunia sepak bola. Kehadirannya di Indonesia untuk membantu para wasit di Indonesia untuk menjadi seorang wasit yang mumpuni.

Terkadang keputusan yang diambil oleh wasit menyebabkan kontroversi. Dengan adanya VAR, apakah keputusan-keputusan kontroversi bisa berkurang? atau bahkan bertambah?

Simak wawancara eksklusif kali ini bersama Massimo Busacca, Direktur Wasit FIFA untuk bahasan menarik seputar VAR yang segera akan diterapkan di Indonesia.

Ringkasan

Oleh Iqri Widya, Abdul Aziz, Bayu Kurniawan Santoso pada 27 November 2023, 15:52 WIB

Video Terkait

Spotlights