VIDEO: Widya Amelia Ungkap Atlet Bulutangkis Indonesia Down Banget di Olimpiade 2012, Sampai Ada yang Tatapannya Kosong

VIDEO: Widya Amelia Ungkap Atlet Bulutangkis Indonesia Down Banget di Olimpiade 2012, Sampai Ada yang Tatapannya Kosong

Widya Amelia sempat diwawancara Bola.com untuk konten "Lebih Dekat" beberapa waktu lalu. Salah satu cerita menarik yang diungkapkan pencinta badminton tersebut yaitu saat Olimpiade 2012, di mana atlet-atlet bulutangkis Indonesia tidak bisa meneruskan tradisi meraih medali emas.

Widya Amelia, yang pernah bekerja di PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia), secara langsung meliput Olimpiade untuk tim bulutangkis Indonesia yaitu hanya sekali. Olimpiade tersebut adalah edisi 2012.

Olimpiade 2012 adalah yang "terberat" bagi tim bulutangkis Indonesia, menurut Widya Amelia. Saat itu, tak ada satupun medali yang didapat dari cabang olahraga badminton. Tak hanya itu, terdapat skandal yang terjadi di sektor ganda putri.

Greysia Polii / Meiliana Jauhari menjadi satu dari empat pasangan ganda putri yang didiskualifikasi dari Olimpiade London 2012. Mereka dicoret dari dinilai memanipulasi permainan dengan tujuan mendapatkan hasil tertentu.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyebut keempat ganda itu tidak sportif dan tidak bermain sepenuh hati di fase grup. BWF juga menuding keempatnya "main sabun" supaya mendapatkan undian tertentu di perempat final.

Selain Greysia/Meiliana, ganda putri lainnya yang didiskualifikasi adalah Wang Xiali/Yu Yang (unggulan pertama dari China), Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan), dan Jung Kyung-eun/Kim Ha-na (Korea Selatan).

Widya Amelia menggambarkan secara singkat apa yang terjadi setelah pertandingan di Olimpiade 2012. Tak hanya tangisan, tetapi juga terdapat atlet-atlet bulutangkis Indonesia yang sampai menatap sesuatu dengan kosong. Para pembaca bisa menyimak kisah dari Widya dalam cuplikan di atas atau tonton wawancara lengkap Lebih Dekat di sini.

Ringkasan

Oleh Yus Mei Sawitri, Okie Prabhowo pada 19 July 2023, 12:08 WIB

Video Terkait

Spotlights