VIDEO: Erick Thohir Beri Penjelasan Soal Stadion-Stadion yang Digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023

VIDEO: Erick Thohir Beri Penjelasan Soal Stadion-Stadion yang Digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa belum bisa mengungkapkan stadion-stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Ia menjelaskan bahwa FIFA akan lebih dulu mengecek sejumlah stadion di Indonesia. Setelah itu, badan sepak bola dunia itu baru akan memilih stadion yang bisa dipakai untuk ajang tersebut.

"FIFA akan mengirim tim dan mengecek kembali standarnya. Saya tidak mau bilang terlalu dini stadion yang mana dan mengapa," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Gedung Danareksa, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/6/2023).

"Yang penting kami mengharapkan FIFA hadir dan mengecek stadion mana yang sesuai standar mereka," imbuh pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember tahun ini. Jadwal tersebut sama dengan sebelumnya ketika direncanakan diputar di Peru.

Sebelumnya, PSSI dan pemerintah sempat menyiapkan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni tahun ini, namun turnamen itu dipindahkan ke Argentina.

"Jika nanti di stadion yang berbeda pun, pasti ada renovasi. Pemerintah sedang merenovasi 22 stadion yang rencananya pada akhir tahun ini dengan biaya Rp400 miliar, tahun depan Rp1,5 triliun," ucapnya.

Erick Thohir juga meminta pemerintah daerah untuk berkomitmen menyukseskan Piala Dunia U-17 2023 jika stadion di daerahnya ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah. "Saya rasa kita harus bersepakatan. Kerja sama menjadi satu kesatuan tidak boleh pisah-pisah. Tentu kalau ada perbedaan dari pemerintah daerah harus diselaraskan dengan pemerintah pusat," kata Erick.

Ringkasan

Oleh Bagaskara Lazuardi pada 24 June 2023, 19:23 WIB

Video Terkait

Spotlights