VIDEO: Tradisi Tolak Pagebluk Digelar di Situs Ndalem Pojok Kediri

VIDEO: Tradisi Tolak Pagebluk Digelar di Situs Ndalem Pojok Kediri

Beragam cara dilakukan masyarakat untuk mengakhiri pandemi ini. Termasuk menggelar ruwatan dan doa bersama lintas agama. Seperti yang dilakukan oleh Situs Ndalem Pojok pada Rabu (04/8). Ruwatan itu sengaja digelar malam Kamis Pon, menjadi yang kedua kalinya dilakukan di situs yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno, yang ada di Desa Pojok, Kecamatan Wates ini. Pertama kali ruwatan berlangsung tahun lalu.

Tradisi ritual tolak pagebluk digelar di Situs Ndalem Pojok Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Rabu malam. Diawali doa bersama lintas agama di depan rangkaian lampu berbentuk kepulauan Indonesia, disusul pagelaran tarian bentuk tolak balak virus Covid-19.

Berbagai tumpeng dan ramuan tradisional juga dipersiapkan dalam acara ini. Tradisi tolak pagebluk ini, selain melestarikan warisan budaya leluhur, juga bentuk doa dan harapan agar Bangsa Indonesia kuat mental dan spiritual di masa pandemi Covid-19.

"Ini adalah berdoa kepada Tuhan, sesuai agama dan keyakinan kita masing-masing dengan harapan, semoga kita rakyat Indonesia, Bangsa Indonesia, Pemerintah Indonesia, selamat dari dampak corona, kami mempunyai keyakinan, corona adalah ciptaan Tuhan, biarpun ada corona yang penting kita selamat," kata Kushartono, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok.

Tradisi tolak pagebluk digelar dengan protokol kesehatan ketat, antisipasi penyebaran virus Covid-19. Demikian seperti dilansir pada Liputan6, (6/8/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 August 2021, 20:54 WIB

Video Terkait

Spotlights