VIDEO: Wisata Religi di Tuban, Masjid Perut Bumi

VIDEO: Wisata Religi di Tuban, Masjid Perut Bumi

Sebuah masjid di Tuban selalu menjadi destinasi wisata religi, karena keunikannya yang dibangun dalam goa bawah tanah. Ialah Masjid Aschabul Kahfi, masjid yang dibangun pada tahun 2002 oleh H.Subkhan ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Kini masjid perut bumi ini menjadi destinasi wajib wisata religi di Tuban. Dalam sehari pengunjung yang datang bisa sampai 30 bus dari berbagai daerah. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, (14/4/2021).

Bagi pecinta wisata religi, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Masjid Aschabul Kahfi perut bumi. Masjid yang berlokasi di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini selalu ramai menjadi tujuan wisata religi khususnya pada bulan suci Ramadan.

Sesuai namanya, seluruh bangunan masjid berada di kedalaman 20 meter di bawah permukaan tanah, atau tepatnya dalam sebuah goa alam. Namun tak perlu khawatir ambrol atau longsor, karena dinding dan atap goa telah diperkuat dengan beton dipadukan dengan ornamen yang ada.

Untuk menghilangkan kesan seram, sejumlah lampu warna-warni dipasang di sudut dan atap goa. Bahkan kaligrafi dan hiasan batu marmer juga dipasang untuk menambah indah pemandangan, agar pengunjung bisa berlama-lama di dalam goa ini.

"Ya kami Alkhamdulillah tadi dari Madiun ke sini, karena kita sudah mendengar tempat ini dan hari ini kita bisa langsung melihat lokasinya seperti apa, Alkhamdulillah cukup ikonik, cukup menarik situasinya, dan ini cukup berkesan bagi kami," ungkap Sigit, Pengunjung Dari Madiun.

Masjid Perut Bumi dibangun Haji Subkhan pada tahun 2002 silam. Sebelumnya, goa merupakan lokasi pembuangan sampah, setelah dibersihkan, masjid kemudian dibangun secara bertahap hingga menjadi seperti sekarang.

Dalam sehari pengunjung yang datang bisa mencapai 30 bus. Mereka datang dari berbagai daerah di Tanah Air, di antaranya Jawa Barat, Banten, Madura, bahkan Sumatra. Para pengunjung pun diperbolehkan mengikuti istighosah bersama para jemaah lainnya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 April 2021, 13:13 WIB

Video Terkait

Spotlights