VIDEO: TNI-Polri Perketat Pengamanan Gereja di Sidoarjo Jelang Paskah

VIDEO: TNI-Polri Perketat Pengamanan Gereja di Sidoarjo Jelang Paskah

Mengantisipasi aksi teror pasca ledakan bom di Gereja Katedral Makassar pada Minggu lalu, pengamanan Gereja di Sidoarjo menjelang Hari Suci Paskah diperketat. Seperti di Gereja Santa Maria Annuntiata, Forkopimda Sidoarjo berserta TNI dan Polri melakukan penyisiran agar para jemaat merasa aman pada saat beribadah.

Penyisiran sejumlah gereja yang dilakukan Polri bersama TNI dan Forkopimda ini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pasca bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar beberapa hari lalu. Salah satu gereja terbesar yang mendapatkan perhatian, yakni gereja di kawasan Monginsidi, Sidoarjo. Saat perayaan Paskah biasanya di gereja ini didatangi 8.000 lebih jemaat untuk beribadah misa Paskah.

Polresta Sidoarjo, mengerahkan 1.000 lebih personel dibantu anggota Kodim 0816, Banser, Satpol PP, Pemuda Muhammadiyah dan Linmas, untuk melakukan pengamanan pada Perayaan Paskah mulai hari Kamis hingga Minggu, (04/4/2021).

Polisi juga akan menyisir halaman gereja, taman-taman, sudut ruangan, kursi, meja, mimbar, dan lokasi lainnya, yang tidak terjangkau oleh kamera cctv gereja. Polisi juga meminta petugas keamanan gereja, memeriksa dengan teliti, seluruh barang bawaan siapa saja yang akan masuk ke gereja.

"Perayaan sekaligus hari suci yang akan dilaksanakan mulai hari Kamis sampai dengan hari Minggu, kami merencanakan pengamanan beberapa gereja yang ada di Sidoarjo, jadi pengamanan ini kita perketat, jumlah personelnya kita tambah, penyekatan jalannya pun kita perketat, nanti ada beberapa ruas yang menuju ke gereja, itu akan kita alihkan, hanya diperuntukkan kepada umat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah," kata Kombes Pol Sumardji, Kapolresta Sidoarjo.

Diharapkan penyisiran dan penjagaan oleh TNI-Polri, bisa memberikan rasa aman, bagi para jemaat gereja yang akan beribadah. Demikian seperti diberitakan pada Fokus, (31/3/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 April 2021, 08:42 WIB

Video Terkait

Spotlights