VIDEO: Memanfaatkan Kelapa Kering Menjadi Bonsai yang Cantik dan Artistik

VIDEO: Memanfaatkan Kelapa Kering Menjadi Bonsai yang Cantik dan Artistik

Buah kelapa kering yang biasanya dibuang percuma, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai yang indah. Di tangan Junaedi, warga Desa Karangrejo, Jember, Jawa Timur, bonsai kelapa bisa dibentuk sedemikian rupa, hingga menjadi aneka bentuk seperti ayam jago, burung kiwi, dan landak, hingga kaligrafi yang mempunyai bentuk artistik indah dan sulit, dengan nilai jual yang tinggi.

Dengan ragam bentuk yang cantik, bonsai kelapa sangat cocok digunakan sebagai penghias teras di rumah atau aksen interior rumah. Junaedi membanderol mulai dari Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan yang akan dibuatnya. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, (29/3/2021).

Di rumahnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Gumukmas, Jember, Junaedi sibuk mengupas buah kelapa kering. Namun bukan untuk diambil tempurungnya, melainkan dibentuk menjadi tanaman bonsai.

Kelapa kering yang banyak ditemukan di sekitar rumahnya disulap sedemikian rupa, hingga menjadi tanaman bonsai yang indah dan artistik. Serta bisa dibentuk menjadi aneka bentuk hewan, seperti ayam jago, burung kiwi, landak, hingga kaligrafi.

Prosesnya memang tidak mudah dan butuh keuletan serta kreativitas. Awalnya buah kelapa kering dibersihkan sampai ke bagian batoknya, dan hanya disisakan serabut pada bagian ujung sebagai tempat tumbuhnya tunas.

Selanjutnya direndam dalam air hingga beberapa minggu, sampai muncul tunas yang tumbuh melengkung ke atas. Selanjuntya tempurung kelapa ini bisa dibonsai sesuai keinginan. Sebagaimana tanaman bonsai lainnya, bonsai kelapa juga perlu dirawat agar tetap tumbuh sehat dan indah. Perawatannya relatif mudah, yakni hanya disiram secukupnya dengan air, serta dibersihkan dari debu yang menempel.

"Bahan bakunya kan mudah, kayak di kampung di desa saya, ibaratnya ndak beli, kalau untuk belajar pertama kali sejak 2018 akhir, kalau untuk coconut bonsai bahannya ndak milih-milih, bisa dibentuk apa saja, tinggal kita lihat pertama itu bentuknya kayak apa besar kecilnya kelapa, kesulitannya lebih tinggi kalau kelapanya ndak memenuhi syarat," kata Junaedi, Perajin Bonsai Kelapa.

Dengan ragam bentuknya yang cantik, bonsai kelapa sangat cocok digunakan sebagai penghias teras rumah, ataupun ornamen interior. Harga bonsai kelapa buatan Junaedi dibanderol bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung keunikan bentuknya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 March 2021, 19:59 WIB

Video Terkait

Spotlights