VIDEO: Jokowi Resmikan Proyek Air Minum Umbulan di Pasuruan

VIDEO: Jokowi Resmikan Proyek Air Minum Umbulan di Pasuruan

Warga berebut untuk mendapatkan sebuah kaos yang dibagikan oleh Presiden RI Joko Widodo dari balik jendela mobilnya, pada Senin siang (22/3) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kunjungan kerja Jokowi kali ini, untuk meninjau dan meresmikan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan. Kemudian, sumber air tersebut akan didistribusikan ke lima wilayah kota dan kabupaten di Jawa Timur yakni, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (23/3/2021).

Puluhan warga Desa Sidepan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Senin siang langsung berebut untuk mendapat kaos yang dibagikan Presiden Joko Widodo, dari balik jendela mobil Kepresidenan.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Kabupaten Pasuruan didampingi sejumlah menteri dan Gubernur Jawa Timur, untuk meninjau dan meresmikan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan. Rencananya, air bersih dari mata air umbulan akan didistribusikan ke lima wilayah kota dan kabupaten di Jawa Timur, yakni Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

"Dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, ini air dari sini air yang keadaannya sudah bersih, langsung bisa dimanfaatkan, tidak pakai pengolahan yang rumit-rumit," terang Joko Widodo, Presiden RI.

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan, senilai Rp 2,05 triliun dimulai pada April 2017 lalu. SPAM ini memiliki kapasitas 4000 liter per detik, yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air jutaan warga di lima daerah itu, terutama menjelang datangnya musim kemarau.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 March 2021, 07:42 WIB

Video Terkait

Spotlights