VIDEO: 22 Terduga Teroris Dikawal dan Dibawa ke Jakarta Melalui Bandara Juanda

VIDEO: 22 Terduga Teroris Dikawal dan Dibawa ke Jakarta Melalui Bandara Juanda

Sebanyak 22 terduga teroris yang sebelumnya ditangkap Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di lima kota di Jawa Timur, diberangkatkan ke Jakarta pada Kamis (18/3) pagi. Polisi juga membeberkan berbagai barang bukti milik anggota terduga teroris. Di antaranya buku-buku jihad, senjata api dengan amunisi, senjata tajam, uang tunai senilai 197 juta, serta sejumlah kotak amal.

Puluhan anggota Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri dan Brimob Polda Jatim mengawal pemberangkatan 22 terduga teroris, yang ditangkap di lima kota di Jawa Timur, yakni Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, dan Malang.

Satu per satu tahanan terduga teroris ini dipindahkan dari Rutan Polda Jatim menuju bus untuk kemudian diberangkatkan melalui Juanda menuju Jakarta, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menyatakan 22 terduga teroris merupakan jaringan Jamaah Islamiyah, Wakapolda Jatim menambahkan, sejak bergabung 5 tahun lalu, para terduga teroris ini mampu merekrut 50 orang menjadi anggota jaringan mereka. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (19/3/2021).

"Tentunya mereka masuk dalam kelompok organisasi terlarang, yangmana gerakan yang dilakukan sampai hari ini mereka masih melakukan perekrutan, dan selama 5 tahun, mereka mendapatkan kurang lebih 50 yang bisa dilakukan perekrutan oleh kelompok mereka ini, tentunya pasca dari penangkapan ini kita masih melakukan lidik terus, pemantauan terhadap tempat-tempat yang kemarin menjadi lokasi mereka di dalam melaksanakan kegiatan," terang Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Wakapolda Jatim.

Polisi juga menunjukkan beberapa barang bukti yang disita dalam penangkapan. Di antaranya buku-buku jihad, busur dan anak panah, senjata api lengkap dengan amunisi, uang tunai Rp 197 juta, kotak amal, serta beberapa barang bukti lainnya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 March 2021, 09:44 WIB

Video Terkait

Spotlights