VIDEO: Pria Renta di Jombang Hidup Sebatang Kara, Pantang Meminta-minta

VIDEO: Pria Renta di Jombang Hidup Sebatang Kara, Pantang Meminta-minta

Seorang pria berusia 80 tahun di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tinggal seorang diri di gubuk dalam kebun bambu, dengan dikelilingi tumpukan sampah. Kondisi yang tak layak dan tidak sehat tersebut, terpaksa dijalani karena keterbatasan ekonomi. Penghasilan sebagai seorang penarik becak dan pencari barang rongsokan hanya cukup untuk makan sehari-hari. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, (10/3/2021).

Gubuk di sekitar kebun bambu Desa Brudu, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang inilah Sutaji tinggal dan menjalani hari-hari seorang diri. Kakek renta yang berusia 80 tahun ini, telah 10 tahun hidup sebatang kara, dengan kondisi serba kekurangan di gubuk yang dikelilingi tumpukan sampah.

Sehari-hari, lelaki renta ini bekerja sebagai penarik becak dan pencari rongsokan untuk dijual kepada pengepul. Gubuk yang dibuat dari barang bekas dan kondisinya banyak yang rusak ini, menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan, serta tempat istirahat setelah kerja seharian.

Bila malam tiba, kondisinya gelap, karena tidak ada aliran listrik. Untuk makan sehari-hari, kakek Sutaji memasak nasi dan lauk seadanya. Sebelumnya, Sutaji bersama istrinya berasal dari Surabaya merantau ke Jombang 10 tahun lalu. Namun hingga istrinya meninggal, kondisi ekonominya masih terpuruk. Meski Sutaji hidup serba kekurangan, namun ia pantang untuk meminta-meminta kepada orang lain.

Menurut pengakuan Sutaji, dirinya mempunyai tiga anak yang tinggal di luar kota, salah satunya di Banyuwangi. Namun kini sudah kehilangan komunikasi, sehingga tidak tahu dimana berada.

Meski hidup serba kekurangan, Sutaji pantang untuk meminta-meminta. Menjalani sisa hidup dengan sangat sederhana seperti ini, baginya lebih berharga, dibanding harus mengemis, mengharap belas kasih orang.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 March 2021, 16:41 WIB

Video Terkait

Spotlights