VIDEO: PT INKA Siapkan Emergency Medical Train untuk Isolasi Pasien COVID-19

VIDEO: PT INKA Siapkan Emergency Medical Train untuk Isolasi Pasien COVID-19

Membludaknya jumlah pasien Covid-19 membuat PT INKA,di Madiun, Jawa Timur, berinovasi membuat ruang isolasi di atas tiga rangkaian kereta rel listrik atau KRL, jika dibutuhkan kereta tersebut akan digunakan di Madiun dan sekitarnya. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (22/1/2021)

Kereta rel listrik atau KRL ini dirubah menjadi Emergency Medical Train atau EMT yang berfungsi sebagai rumah sakit darurat di lapangan. Sekilas kereta ini sama seperti kereta penumpang lainnya, namun ketika kita masuk ke dalamnya ada puluhan tempat tidur, yang dirancang untuk merawat pasien Covid-19.

Di dalam kereta ini juga dilengkapi dengan lemari penyimpanan obat, lemari pendingin, serta alat bantu pernapasan. Menurut Senior Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT INKA, ada tiga rangkaian kereta yang digunakan sebagai Emergency Medical Train.

Dimana satu rangkaian terdapat delapan gerbong. Sehingga total ada 24 gerbong yang telah dipersiapkan. Dari 24 gerbong, enam gerbong digunakan untuk tenaga medis. Sementara bed yang tersedia sejumlah 144 buah.

"Ada tiga rangkaian, masing-masing rangkaian ada delapan kereta, setiap rangkaian, dua kereta untuk nakes dan kru di ujung-ujung, dan enam kereta yang di tengah untuk pasien, enam kereta itu ada 48 bed, masing-masing kereta ada 8 bed," papar Bambang Ramadhiarto, SM PKBM dan CSR PT INKA.

Saat ini secara keseluruhan, rumah sakit lapangan ini sudah siap digunakan. Namun demikian untuk penempatannya masih menunggu izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 January 2021, 13:11 WIB

Video Terkait

Spotlights