VIDEO: TNI-Polri Bersihkan Eceng Gondok Sungai Bengawan Jero

VIDEO: TNI-Polri Bersihkan Eceng Gondok Sungai Bengawan Jero

Eceng Gondok yang memenuhi Sungai Bengawan Jero di Lamongan, Jawa Timur, dibersihkan oleh sekitar 400 personil TNI, Polri, BPBD, serta elemen masyarakat. Pembersihan eceng gondok ini bisa mengurangi luapan air Sungai Bengawan Jero. Selain itu, bisa dimanfaatkan untuk transportasi perahu, karena hingga kini, jalan antar kecamatan maupun jalan antar desa masih terendam banjir, dan sulit dilewati kendaraan roda 2. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (18/1/2021).

Beginilah kondisi Sungai Bengawan Jero yang dipenuhi eceng gondok, di Desa Kiringan, Kecamatan Turi, Lamongan, Sabtu siang. Alat berat dikerahkan, untuk mengurai eceng gondok yang sudah penuh dan rapat.

Selain alat berat, sekitar 400 orang dari unsur TNI, Polri, BPBD serta elemen masyarakat mengambil satu per satu eceng gondok di tengah Bengawan Jero, untuk dibuang di pinggir sungai.

Pembersihan eceng gondok ini, bertujuan agar debit air Sungai Bengawan Jero yang meluap, bisa berkurang dan aliran air menuju hilir menjadi lancar. Selain itu, nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk transportasi perahu. Karena hingga kini, jalan antar kecamatan maupun jalan antar desa masih terendam banjir, dan sulit dilewati kendaraan roda 2.

"Pembersihan eceng gondok ini paling tidak, bisa mengurangi debit air yang ada di Bengawan Jero, karena ini penyebab utamanya adalah eceng gondok, jadi dengan melibatkan seluruh stake holder, dimana Pemda, Kodim dengan Polres dengan beberapa perguruan silat dari unsur PMII, BPBD dari seluruh dinas yang terkait, semua kita turunkan, sehingga harapannya dari hulu sampai hilir itu air bisa mengalir," terang Mayor Arh G.N. Putu Ardana, Kasdim 0812/Lamongan.

Putu Ardana menambahkan, pembersihan eceng gondok ini juga membutuhkan waktu beberapa hari. Karena panjang Sungai Bengawan Jero ini kurang lebih 15 kilometer, mulai dari Desa Sungegeneng, Kecamatan Sekaran sampai dengan Kecamatan Glagah.

Di samping pembersihan eceng gondok di aliran Sungai Bengawan Jero, dinas terkait juga diharapkan menormalisasi waduk-waduk di Lamongan, agar aliran air tidak hanya tertampung di Sungai Bengawan Jero.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 January 2021, 22:22 WIB

Video Terkait

Spotlights