VIDEO: Warga Desa Bendoasri Gelar Tradisi Wiwit Tebang Jati Bersama Petugas KPH Nganjuk

VIDEO: Warga Desa Bendoasri Gelar Tradisi Wiwit Tebang Jati Bersama Petugas KPH Nganjuk

Puluhan warga di tengah hutan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menggelar tradisi ritual wiwit kayu jati. Ritual digelar sebelum penebangan pohon jati sebagai doa agar selamat saat menebang. Tahun 2021 ini KPH Nganjuk ditargetkan menebang 12.000 meter kubik pohon jati atau 1.500 pohon jati seluas 780 meter kubik. Setiap menebang pohon jati, pihak Perhutani selalu menggandeng masyarakat sekitar hutan dan mengikuti kearifan lokal.

Puluhan warga desa tengah hutan di Desa Bendoasri, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, bersama petugas Perhutani, Kesatuan Pemangku Hutan Nganjuk, menggelar tradisi ritual wiwit tebang jati. Tradisi yang sebetulnya sudah lama ditinggalkan ini, mulai digiatkan kembali, sebagai upaya melestarikan budaya dan ritual doa keselamatan. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (12/1/2021).

Di tengah hutan, di bawah pohon jati yang akan ditebang, ritual dilakukan diawali arak-arakan tumpeng nasi dilengkapi lauk-pauk dan buah-buahan. Sesepuh desa menggelar ritual, dan memanjatkan doa dengan bahasa jawa dan diakhiri dengan makan bersama.

Menurut Yono, sesepuh desa, tradisi selamatan wiwit tebangan ini bertujuan untuk keselamatan selama penebangan kayu jati. Wahyu Dwi Hatmojo, Administratur Perhutani KPH Nganjuk mengatakan, tahun 2021 ini, KPH Nganjuk ditarget menebang 12.000 meter kubik pohon jati, atau sekitar 1.500 pohon jati, seluas 780 meter kubik.

"Ini kan kearifan lokal di Jawa Timur ini, saya kira di KPH manapun, kalau mau nebang harus slametan, ini suatu perwujudan syukur kepada Allah swt, dan sekaligus seperti sedekah bumi, supaya kita dalam melaksanakan pekerjaan ini mulai awal sampai akhir slamet, tidak ada kendala, tidak ada kecelakaan," tutur Wahyu Dwi Hatmojo, Administratur Perhutani KPH Nganjuk.

Setiap menebang pohon jati, pihak Perhutani selalu menggandeng masyarakat sekitar hutan dan mengikuti kearifan lokal.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 January 2021, 15:19 WIB

Video Terkait

Spotlights