VIDEO : Pasien Sembuh Kembali Reinfeksi COVID-19 di RS Unair

VIDEO : Pasien Sembuh Kembali Reinfeksi COVID-19 di RS Unair

Pasien sembuh Covid-19, yang kembali terpapar Covid-19 ditemukan di Rumah Sakit Universitas Airlangga. Ada enam orang reinfeksi Covid-19 tersebut, satu di antaranya adalah tenaga kesehatan yang bertugas di poli Covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19, RS UNAIR dr Alfian Nur Rosyid menyebut, kasus reinfeksi Covid-19 atau pasien sembuh dari Covid-19 yang kembali terpapar Covid-19, ditemukan kali pertama pada September lalu. Kasus tersebut diawali oleh tenaga kesehatan di poli Covid-19 yang telah sembuh, namun kembali terpapar. Berikut diberitakan pada Liputan6, (4/1/2021).

Tidak diketahui pasti dari mana asal penularan, namun kuat dugaan tenaga medis tersebut kembali terpapar, dari pasien Covid-19. Selain tenaga kesehatan, saat ini terdapat lima kasus reinfeksi aktif di RSUA yang tengah dirawat. padahal 2 - 3 bulan lalu pasien tersebut telah dinyatakan sembuh, namun kini kembali dirawat di ruang isolasi akibat kembali positif Covid-19.

"Dimana-mana itu laporannya ada yang terpapar di Rumah Sakit Unair, karena menangani langsung dengan pasien positif, kalau di luar ndak tahu positif apa ndak, kalau di sini, pasti positif kan, potensi untuk tertular ada, ada nakes yang tertular, kita amati ada yang reinfeksi," terang dr Alfian Nur Rosyid, Jubir Satgas Covid-19 RS Unair.

Namun untuk kasus pasien reinfeksi, masih terdeteksi gejala ringan bahkan tanpa gejala. Bahkan hingga saat ini, belum ada kasus reinfeksi yang menunjukkan gejala berat apalagi sampai membutuhkan ventilator.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 January 2021, 09:22 WIB

Video Terkait

Spotlights