VIDEO: Anak-Anak di Gununganyar Surabaya Isi Liburan Bermain Wayang Suket

VIDEO: Anak-Anak di Gununganyar Surabaya Isi Liburan Bermain Wayang Suket

Kegiatan anak-anak zaman sekarang mulai bermain dan belajar, tidak lepas dari gawai atau telepon pintar. Namun berbeda dengan anak-anak di Gununganyar, Surabaya, Jawa Timur, untuk mengisi libur panjang mereka lebih menyukai belajar tradisional, melalui wayang suket atau rumput, saat pandemi Covid-19. Seperti apa keseruannya?

Mengisi libur panjang tak harus menggunakan gawai atau mendatangi pusat perbelanjaan, maupun tempat wisata yang mahal, apalagi saat pandemi COVID-19. Seperti dilakukan anak-anak di daerah Gununganyar, Surabaya ini.

Mereka memiliki cara tersendiri, mengisi liburan yang sehat dan gratis, dengan bermain wayang suket atau rumput. Anak-anak yang menonton wayang suket mengaku, tak ingin isi liburan dengan berwisata, lantaran masih merebaknya COVID-19, dan takut tertular.

Bermain wayang suket, bukan hanya seru dan menyenangkan. Di sini, anak-anak bisa sekaligus mempelajari sejarah, serta kekayaan budaya Indonesia dengan wayang itu.

Meimura, pengajar wayang suket mengatakan, belajar wayang suket di tengah pandemi memiliki filosofi tersendiri. Selama ini diketahui, suket atau rumput bisa hidup dimana-mana, meski diinjak banyak orang. Belajar dari rumput, masyarakat harus tetap semangat menjalani kehidupan melawan pandemi COVID-19.

"Jadi kita mengenalkan wayang, ludruk, ketoprak, sampai wayang titi, transformasi dari cina, karena sudah menjadi bagian dari peradaban kita, kenapa suket saya pilih ? suket ini hidup di mana-mana, walaupun terlindas, terinjak, terbakar saja masih tetap hidup, saya kira kita bisa melihat itu, menjadi bagian dari spirit kita untuk menghadapi corona ini," tutur Meimura, Pengajar Wayang Suket, seperti dilansir dari Fokus, 28 Desember 2020.

Selain bermain wayang suket, Meimura juga mengajarkan budaya Jawa lain, seperti ludruk, atau sejarah lain, agar budaya Jawa tidak punah, di tengah gempuran teknologi modern aneka permainan anak.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 December 2020, 18:52 WIB

Video Terkait

Spotlights