VIDEO: Melihat Budi Daya Jamur Sambil Berwisata di Istana Jamur Kediri

VIDEO: Melihat Budi Daya Jamur Sambil Berwisata di Istana Jamur Kediri

Negeri jamur selama ini hanya ada di cerita negeri dongeng. Namun di Kediri, Jawa Timur, kita bisa menemukan Wisata Istana Jamur, sebuah tempat dengan bangunan bernuansa berbentuk jamur. Wisatawan juga dikenalkan edukasi budi daya jamur.

Taman Wisata Istana Jamur ini berdiri di tanah seluas 1,3 hektar, terletak di lereng Gunung Kelud, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Nuansanya unik, terlihat ketika awal masuk, karena bangunan menyerupai jamur banyak bertebaran mirip di negeri dongeng, sehingga menarik menjadi spot foto.

Salah satu spot foto yang paling diminati adalah pagoda jamur, yang bersebelahan dengan bangunan menyerupai labu. Menariknya lagi pengelola menyediakan berbagai kostum kerajaan, bagi wisatawan yang ingin bergaya ala negeri dogeng, seperti raja dan ratu.

Dengan hanya menyewa kostum seharga Rp 25.000. Selain berwisata, para pengunjung juga bisa belajar langsung tentang budi daya jamur.

"Ini tadi ada tanaman jamur, yang masih mulai dari penanaman bibit itu sampai panen, tumbuh, pemetikan ya menarik itulah," kata Eka Prasetya, Pengunjung, seperti dilansir dari Fokus, 14 Desember 2020.

Pengelola wisata juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, untuk menghindari penularan COVID-19 di antaranya membatasi jumlah pengunjung. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 10.000, Anda bisa menikmati keunikan istana jamur, serta udara yang segar lereng Gunung Kelud, Kediri.

"Kita mulai dari fasilitas tidak hanya sebuah pariwisata, karena kita itu merupakan wisata edukasi, dengan adanya fasilitas seperti spot foto dan istana jamur, kita juga memiliki edukasi jamur, mulai dari pembuatan baglog jamurnya, sampai dari hasil panen jamur, yang bisa kita gunakan untuk pulang, oleh-oleh maupun edukasi sekolah seperti itu," ujar Sarahe Sagita, Pengelola Wisata Istana Jamur.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 December 2020, 10:45 WIB

Video Terkait

Spotlights