VIDEO: Kecamatan Kare Madiun Jalani Simulasi Belajar Tatap Muka untuk 27 Sekolah

VIDEO: Kecamatan Kare Madiun Jalani Simulasi Belajar Tatap Muka untuk 27 Sekolah

Menjelang diberlakukannya belajar tatap muka yang rencananya akan digelar Januari 2021, 27 sekolah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin, serentak menggelar uji coba belajar tatap muka. Untuk mengurangi kerumunan, proses belajar mengajar dibagi menjadi beberapa gelombang.

Beginilah situasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Senin,14 Desember 2020. Setelah tutup sejak 2020, akibat pandemi COVID-19, sekolah yang berada di lereng Gunung Wilis ini, kembali dibuka. Sejumlah orang tua, dan siswa, berada di luar pagar, menunggu giliran masuk. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, 15 Desember 2020.

Sebanyak 27 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Tingkat Pertama di Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, melakukan uji coba belajar tatap muka, secara serentak. Dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19, siswa diwajibkan memakai masker, cuci tangan sebelum masuk, dan tetap jaga jarak.

Proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Kare, yang memiliki 268 siswa, dibagi menjadi 3 gelombang. Satu gelombang dalam satu kelas, maksimal diikuti 18 siswa.

"Ini karena di SD Kare 1 itu muridnya banyak, kita antisipasi menjadi 3 shift, dalam 1 shift itu ada 1 jam tatap muka, dan jedanya 30 menit, jadi tidak ada pergeseran ketika masuk," kata Suroso, Kepala Sekolah SDN 1 Kare.

"Di Kare ini ada 27 lembaga pendidikan, terbagi di delapan desa, di wilayah Kecamatan Kare, yang melakukan kegiatan simulasi ini secara bersama-sama, secara kesiapan, Insya Allah semuanya sudah disiapkan dengan baik," terang Tarnu Ashidiq, Camat Kare.

Uji coba belajar tatap muka ini, akan digelar selama 2 hari, yaitu hari Senin dan Selasa. Kecamatan Kare, merupakan satu di antara tiga kecamatan di Kabupaten Madiun, yang masih berstatus zona hijau penyebaran Covid-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 December 2020, 00:29 WIB

Video Terkait

Spotlights