VIDEO: Angin Kencang Terjang Danau Grati Pasuruan, Ribuan Ikan Mati Mendadak

VIDEO: Angin Kencang Terjang Danau Grati Pasuruan, Ribuan Ikan Mati Mendadak

Ribuan ikan di danau atau Ranu Grati, Pasuruan, Jawa Timur, mati mendadak. Diduga, kematian ribuan ikan ini karena naiknya kadar belerang dalam danau, setelah kawasan itu diterjang hujan deras dan angin kencang.

Sejumah warga yang antusias, berburu ikan-ikan tersebut, untuk dibawa pulang. Sebuah video amatir merekam kondisi Danau Grati, di Desa Ranu Klindung, Kecamatan Grati, Pasuruan, beberapa saat setelah ribuan ikan di danau tersebut, mati mendadak.

Kondisi ini tentu saja menarik perhatian sejumlah warga, bahkan sebagian besar dari mereka mengais ikan-ikan itu untuk dibawa pulang. Tak tanggung-tanggung, tiap warga mendapat ikan sampai puluhan ekor.

Selain nila, ada mujair, yang menjadi habitat Danau Grati ini. Kedua ikan ini disukai warga, sebagai pelengkap lauk pauk. Hingga Minggu pagi, ribuan ikan yang mati masih nampak mengambang di tepi dan tengah danau.

Menurut warga, kematian ribuan itu diketahui setelah angin kencang atau sapon, disertai hujan deras, menyapu kawasan sekitar danau, atau Ranu Grati, beberapa hari lalu. Setelah itu, banyak ikan muncul ke permukaan, dan mengambang dalam keadaan mabuk.

Menurut pengelola wisata Danau Grati Pasuruan, fenomena alam seperti ini biasa terjadi dua kali tiap musim penghujan. Diduga, belerang di dasar danau naik ke permukaan, akibat arus air dalam danau terpengaruh hembusan angin kencang di permukaan danau.

"Sapon di Ranu Grati itu terjadinya angin kencang yang mengguncang air, akhirnya belerang yang di bawah naik, jadi kondisi ikan mati semua," kata Apri Junaidi, Pengelola Wisata Ranu Grati, seperti dilansir dari Fokus, 14 Desember 2020.

Tak hanya ikan yang hidup liar di danau tersebut, ikan yang berada di dalam keramba milik petani, juga ikut mati. Akibatnya, petani ikan keramba banyak yang merugi dan terpaksa panen lebih awal.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 December 2020, 08:40 WIB

Video Terkait

Spotlights