VIDEO: Megahnya Masjid Tiban Turen Malang Bak Istana

VIDEO: Megahnya Masjid Tiban Turen Malang Bak Istana

Masjid Tiban adalah salah satu tempat yang sangat menakjubkan bagi pengunjung yang datang ke Malang, Jawa Timur. Masjid ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim, Gang Anggur No. 10 RT 07 / RW 06, Desa Sananrejo, Turen.

Tempat ibadah umat Islam ini mempunyai bentuk bangunan menyerupai sebuah istana kerajaan dengan nuansa biru, Masjid Tiban ini terdiri dari 10 lantai. Berikut video liputannya pada program Fokus, 30 Oktober 2020.

Berdiri megah di tengah lahan perkebunan dan pertanian yang luas, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, adalah Masjid Tiban. Desain arsitektur masjid berwarna biru ini sangat mencolok, karena mengusung desain perpaduan khas Turki, India, Rusia, dan Mesir.

Tidak hanya dari luar, keindahan masjid pun menjalar hingga ke bagian dalam bangunan. Masjid Tiban sebenarnya merupakan sebuah pondok pesantren yang bernama Salafiyah Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Tiban yang berlantai 10, juga berfungsi sebagai tempat tinggal para santri, dan pengasuh pondok pesantren. Masjid ini sempat diisukan dibangun oleh jin dalam semalam, tapi itu tidak benar. Masjid Tiban dibangun secara bertahap oleh para santri sejak tahun 1978.

"Pondok pesantren ini bukan dirancang oleh arsitek, tapi ini hasil istikharah Romo Kyai Ahmad, hasil istikharah pengasuh, untuk apa? ya untuk membersihkan penyakit-penyakit hati, sehingga antara lantai 1, 2 dan seterusnya sampai lantai 10, itu beda-beda, satu tempat ke tempat lain beda-beda, karena fungsinya pun juga berbeda-beda," tutur Kisyanto, Panitia Pondok Pesantren.

Selain sebagai pondok pesantren, Masjid Tiban pun kerap dikunjungi wisatawan sebagai tujuan wisata religi.

Di masa pandemi virus corona, Masjid Tiban yang kerap dijadikan tujuan wisata religi pun menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya, agar Masjid Tiban tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 November 2020, 09:23 WIB

Video Terkait

Spotlights