VIDEO: Piano Terbesar Karya Anak Bangsa Pecahkan Rekor MURI

VIDEO: Piano Terbesar Karya Anak Bangsa Pecahkan Rekor MURI

Piano karya anak bangsa yang dipamerkan di Pelataran Candi Bajang Ratu, Kecamatan Trowulan ini, merupakan karya perpaduan arsitektur Raul Renanda, dan musisi Aksan Sjuman, mantan drummer Dewa19. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 5 Oktober 2020

Berbeda dengan piano pada umumnya, piano raksasa ini memiliki panjang 3,10 meter, lebar 2,10 meter, dan tinggi 1,10 meter, dengan bobot 1 ton. Bahan yang digunakan yakni, kayu eboni yang didapatkan dari pedalaman Sulawesi yang dikenal memiliki serat yang bagus. Berkat keunikan arsitektur dan ukurannya yang luar biasa besar.

Piano ini meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), kategori Grand Piano Buatan Pertama Di Indonesia. Pemberian Penghargaan MURI dilakukan secara daring, untuk menghindari kerumunan.

Pemilik piano, Harsono Enggal Hardjo mengatakan, dirinya terpanggil untuk menunjukkan pada dunia, jika piano buatan dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri, baik dari kualitas bahan dan suara yang dihasilkan.

Butuh waktu dua tahun, untuk menyelesaikan piano raksasa ini. Selain butuh waktu untuk riset arsitektur, agar berbeda dengan piano kebanyakan. Waktu paling lama yakni, proses menghasilkan suara piano yang bagus.

"Piano terbesar di Indonesia, dengan kategori Rekor Indonesia, kami sangat mengapresiasi, bahwa karya spektakuler ini memang baru pertama kali ada di Indonesia, dibuat di Indonesia, sehingga Beliau mengukuhkan rekor tersebut sebagai Grand Piano Pertama Buatan Indonesia, dan dikategorikan sebagai rekor dunia," ujar Sri Widayati, Senior Manager MURI.

"Banyaknya seniman hebat-hebat di Indonesia yang tarafnya dunia, belum ada sarana untuk pianonya, jadi kami dari PT. Saniharto Enggalhardjo memberanikan diri memulai membuat piano ini, dengan try and error yang berkali-kali, ya mungkin sampai banyak sekali, sehingga akhirnya jadi seperti ini," ungkap Harsono Enggal Hardjo, Pembuat Piano.

Bahan baku kayu eboni yang langka ini diyakini, hanya ada 3 unit di Indonesia. Dengan berbagai keistimewaannya tersebut, piano raksasa ini dibanderol dengan harga Rp 2,5 miliar. Rencananya, piano ini digunakan pada konser bertajuk nusantara, yang digelar di situs-situs bersejarah di Indonesia.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 October 2020, 09:08 WIB

Video Terkait

Spotlights