VIDEO: Berawal Hobi, Kini Ternak Ikan Cupang Merambah Pasar Mancanegara

VIDEO: Berawal Hobi, Kini Ternak Ikan Cupang Merambah Pasar Mancanegara

Keluar dari pekerjaan sebagai karyawan swasta, dampak pandemi COVID-19, tak membuat Dony Maulana patah semangat.

Di tengah keterpurukannya, pria 32 tahun ini kembali menekuni hobi lamanya, beternak ikan cupang. Kini hasil dari keuletannya, Dony bisa meraup untung hingga belasan juta rupiah tiap bulan. Bahkan ikanya ini sudah tembus hingga luar negeri. Berikut video inspiratifnya pada Liputan6, 1 Oktober 2020.

Budi daya betta fish atau lebih dikenal dengan ikan cupang, dilakukan oleh Dony Maulana, warga Jalan Mleto Surabaya. Pria 32 tahun ini sebenarnya sudah menggeluti ternak ikan cupang, sejak tiga tahun lalu, tetapi hanya sekadar hobi.

Usai keluar dari pekerjaannya sejak bulan Maret lalu, karena terdampak pandemi COVID-19, Dony kembali menekuni hobinya demi meraih pundi rupiah.

Berbagai jenis ikan cupang berhasil diternak oleh Dony di rumahnya, mulai jenis cupang plakat, halfmoon, serit, hingga cupang giant. Kini total ada 2.000 lebih ikan cupang yang dimilikinya. Budi daya ikan cupang sangat mudah, namun butuh ketelatenan dalam merawatnya.

Ikan cupang dihargai mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung pada warna dan bentuk ikan. Tak hanya dalam negeri, Dony bahkan ekspor ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura hingga Amerika Serikat. Dari budi daya ikan cupang ini, Dony mengaku bisa meraup untung hingga belasan juta rupiah tiap bulan.

"Itu hanya sebatas hobi, kembang biak, sampingan, akhirnya semenjak ada pandemi covid bulan Maret, kan kerjaan sudah di-lockdown semua, akhirnya keluar dan fokus ke cupang sampai sekarang ini," tutur Dony Maulana, Peternak Ikan Cupang.

Ikan cupang hasil budi daya Dony termasuk ikan berkelas. Ini dibuktikan dengan sejumlah piala kontes ikan cupang yang diraihnya, di berbagai kota.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 October 2020, 16:33 WIB

Video Terkait

Spotlights