VIDEO: Satpol Air Kawal Kawanan Hiu Tutul yang Muncul di Perairan Pasuruan

VIDEO: Satpol Air Kawal Kawanan Hiu Tutul yang Muncul di Perairan Pasuruan

Rombongan hiu paus tutul atau whale shark muncul lagi di perairan Laut Jawa, di wilayah Pantai Pasuruan, sejak beberapa hari terakhir.

Mereka kembali bermigrasi dari Laut Australia, menuju perairan Indonesia yang lebih hangat, untuk mencari plankton. Polisi Air Polres Pasuruan melakukan patroli laut, untuk menjaga rombongan hiu paus tutul tersebut, yang termasuk langka, dan dilindungi negara. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 23 September 2020.

Patroli laut ini dilakukan Polisi Air Polres Pasuruan, pada Senin siang untuk menjaga kawanan hiu paus tutul, yang kembali muncul di perairan Laut Jawa sejak beberapa hari terakhir. Hiu tutul berenang secara berkelompok, di tengah laut, sekitar 3 mil dari garis Pantai Pasuruan.

Ikan langkah ini juga sering menampakkan diri ke permukaan air, dan menjadi perhatian nelayan. Diperkirakan 30 ekor lebih hiu paus, dengan panjang bervariasi mulai 4 meter hingga 7 meter tengah bermigrasi.

Polisi akan bertindak tegas kepada siapa pun yang mengganggu, atau bahkan menangkap ikan-ikan tersebut dengan ancaman penjara. Sebelumnya, pada Juni 2020 lalu, sejumlah wisatawan juga kedapatan mengganggu sekelompok hiu tutul, di perairan Laut Pasuruan.

Mereka sengaja merekam aksi menabrakkan perahu yang ditumpanginya, hingga mengenai tubuh hiu tutul yang sedang berenang di permukaan.

"Imbauan untuk nelayan atau wisatawan yang ingin melihat hiu tutul tersebut, kami Satpol Air Pasuruan mengajak kepada masyarakat, para nelayan, wisatawan yang ada di Pasuruan untuk jangan mendekat atau mengganggu daripada hiu tutul, karena hewan ini dilindungi," tegas AKP Poerlaksono, Kasatpol Air Polres Pasuruan.

Patroli laut dilakukan untuk mengantisipasi gangguan oknum nelayan, maupun masyarakat umum, serta mencegah kemungkinan terdamparnya hiu paus tutul itu ke daratan, seperti yang terjadi di Pantai Congot Kulonprogo, Yogyakarta, beberapa hari lalu.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 September 2020, 09:30 WIB

Video Terkait

Spotlights